Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download Contoh SK Tim Akreditasi Sekolah

Akreditasi sekolah adalah kegiatan penilaian oleh pemerintah dan/atau lembaga mandiri yg berwenang uuntuk menentukan kelayakan program dan/atau satuan pendidikan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan sebagai bentuk akuntabilitas publik yg penilaiannya dilakukan secara obyektif, adil, transparan, dan komprehensif dgn menggunakan instrumen kriteria yg mengacu kepada Standar Nasional Pendidikan (SNP)
Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah yang selanjutnya dikenal dengan BAN-S/M merupakan badan evaluasi mandiri dibentuk dalam rangka pelaksanaan akreditasi. Badan ini berwenang menetapkan kelayakan program maupun satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah jalur formal. Akreditasi sekolah mengacu kepada Standar Nasional Pendidikan (SNP).

BAN-S/M telah melakukan review dan revisi terhadap perangkat akreditasi sekolah. Review dan revisi tersebut dilakukan terhadap empat elemen akreditasi, yaitu: (1) Instrumen Akreditasi, (2) Petunjuk Teknis Pengisian Instrumen Akreditasi, (3) Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung Akreditasi, serta (4) Teknik Penskoran dan Pemeringkatan Hasil Akreditasi. Revisi terhadap Teknik Penskoran dan Pemeringkatan Hasil Akreditasi ini hanya dilakukan pada jenjang SMA/MA.

Review dan revisi perangkat akreditasi dilakukan karena beberapa alasan berikut: (1) adanya butir instrumen yang perlu disesuaikan dengan kondisi di lapangan, (2) adanya butir petunjuk teknis yang multitafsir, (3) adanya butir instrumen yang belum lengkap, serta (4) teknik penskoran maupun pemeringkatan hasil akreditasi jenjang SMA/MA yang belum dibedakan pembobotann maupun belum adanya pembulatan nilai akhirnya.

Sekolah yang akan diakreditasi sebaiknya melakukan persiapan jauh-jauh hari dan mengumpulkan semua bahan dan perangkat administrasi yang akan dilihat dan diteliti oleh tim asesor.

Langkah pertama sebelum penilaian akreditasi oleh assesor dimulai tentunya sekolah membentuk panitai atau tim work agar kegiatan akreditasi di sekolahnya berjalan lancar, tentunya setiap kegiatan di sekolah harus disertai sk penugasan berupa SK Tim Akreditasi berikut ini saya lampirkan link downloadnya dalam bentuk fil doc. silahkan unduh di sini 
bagi yang kesulitan download silahkan download di drive DI SINI
  • Jika ingin mendownload langsung semua file bukti fisik akreditasi klik DOWNLOAD
Ruslan
Ruslan Seseorang yang suka menulis dikala senggang, hobi makan bakso dan suka ngajak jalan-jalan istri