Solusi Tidak Bisa Log In BOS Online
Entah mengapa sebabnya ketika saya hendak log in ke https://bos.kemdikbud.go.id/ untuk melaporkan BOS K7a pada saat memasukkan email beserta pasword muncul keterangan user name dan pasword tidak terdaftar hal tersebut saya coba hingga beberapa kali al hasil tetap tidak bisa log in, akhirnya saya coba mengirim email ke pelaporan.bos@gmail.com dengan format berikut:
Namun belakangan OPS dikeluhkan dengan susahnya masuk atau login ke https://bos.kemdikbud.go.id sehingga kesulitan untuk mengisi data pelaporan BOS di triwulan yang akan dilaporkan.
Selain itu ada surat edaran mengenai update rekening BOS sekolah Sesuai surat nomor : 0271/C/KU/2020 tentang Pemberitahuan Pre Cut Off BOS Tahun 2020, terutama point 2 untuk verifikasi Data/Rekning, Saat ini di Bos Online rupanya sudah disediakan/sudah ada menu Update rekening, silahkan di cek dan di Update ...!!!
1. login (pakai user DAPODIK) ke : bos.kemdikbud.go.id dan da notif :
Segera update rekening sekolah untuk penyalura dan BOS
2. Pilih Menu Profil sesuai no 1
3. Setelah terbuka klik Update Rekening sesuai no 2
4. Silahkan pilih Kode Bank sesuai no 2
Namun untuk mengerjakannya OPS kesulitan untuk masuk dan berikut beberapa masalah dan solusinya agar bisa masuk ke bos online.
Permasalahan
1. 502 Bad Gateway
Menurut narasai yang saya baca penyebab 502 bad gateway yakni telah terjadi miss komunikasi antar-server. Kesalahan komunikasi tersebut tentu saja di luar kontrol kamu. Penyebab lainnya dari 502 bad gateway yakni terjadi kerusakan terhadap satu atau semua upstream server, server mengalami kelebihan muatan, terdapat bug di script PHP, cache browser bermasalah, serta gangguan jaringan. Penyebab lainnya yakni disebabkan ada masalah di Content Delivery Network (CDN) atau ada masalah terkait sistem nama domain.
Solusinya | |||||||||||
2. Kesalahan Username dan Pasword
Pastikan Username yang diketikkan sesuai dengan di dapodik yang biasa teman-teman pakai saat login ke Dapodik. Selain itu di dapodik 2020 kita mengharuskan mengganti pasword Dapodik dengan yang baru nah pastikan sobat OPS ingat yah atau kita bisa simpan di pengaturan broswer sandi yang tersimpan
Solusinya
Pakai pasword yang terbaru di dapodik kita, jika memang pasword dapodik kita tidak ingat tapi tersimpan di broswer kita lihat saja di sandi yang tersimpan seperti gambar di atas.
3. Sever Sedang Sibuk
Seperti yang telah dijelaskan di atas salah satu penyebab tidak bisa login adalah karena kelebihan muatan sehingga terjadi trouble atau masalah pada jaringan yang akan kita akses.
Solusinya
Kita buka CMD >>>> Klik kanan >>> Run as administrator
Setelah itu kita ketikkan ping data.dikdasmen.kemdikbud.go.id -t
*Update terbaru
Sepertinya TIM BOS pusat merespon dari keluhan OPS yang gagal login BOS. Baru-baru ini TIM BOS Pusat menambah alternatif Login BOS online. Yaitu dengan 2 pilihan antara login menggunakan SSO Dapodik dan Login Alternatif.
Dimana Login Alternatif kita memasukkan username email sekolah/email operator dapodik, NPSN dan Kode Registrasi Dapodik.
Demikianlah yang dapat saya sampaikan mudah-mudahan bermanfaat. Tetap semangat
Salam Satu Data
Simak juga video di bawah ini:
| |||||||||||
Guru Honorer tidak tampil di aplikasi ARKAS
| |||||||||||