Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Program Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dan Global

Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dan Global
Pendidikan berbasis lokal bertujuan memberikan bekal kepada siswa agar dapat mengacu pada kegiatan lokal tetapi juga mampu berfikir serta berwawasan secara global. Di SD ...... pendidikan keunggulan lokal dan global diberikan kepada siswa melalui kegiatan pengembangan dirikomputer. a. Keunggulan lokal
Pendidikan harus menyeimbangkan antara kebutuhan lokal dan kebutuhan nasional.
Kebutuhan lokal yang harus di bina oleh pendidikan dengan tujuan agar anak anak kita tidak lupa dengan budaya daerah dan tentunya juga akan menjaga budaya nasional.
b. Keunggulan Global
Dengan kemajauan ilmu pengetahuan dan teknologi pada abat ini, suka tidak kita harus masuk dalam pengaruh global ini. Untuk membentengi dari pengarush negatif kita juga harus faham dan mengerti manfaat dan kerugiaanya pengaruh globalisasi.
Utamanya untuk membentengi generasi kita yang akan datang, maka untuk itu di SD ARRAHMAN diajarkan pelajaran yang mampu masuk kealam global yaitu pelajaran bahasa Ingris dan Teknologi Informasi dan Komonikasi ( TIK )
Target yang ingin dicapai dari pengembangan diri komputer ini adalah sebagai berikut:
Tabel 9: Target Pencapaian Pengembangan Diri Komputer
Kelas
Target
3


·         Pengenalan dasar-dasar komputer, perangkat komputer sederhana misalnya fungsi mouse,  monitor,  keyboard dan lainya.
·         Menggunakan aplikasi Paint untuk belajar mewarnai dan membuat gambar menarik.
·         Belajar menggunakan perangkat multimedia Windows Media Player.
4
·         Pengenalan hardware,
Hardware yang dikenalkan adalah hardware yang familiar terlihat oleh mata anak-anak seperti mouse, keyboard, monitor, printer, kabel power, flashdisk dan yang lainnya seperti VGA, Motherboard dan hardware yang merupakan komponen penting dalam computer.
·         Pengenalan software.
Penting bagi siswa untuk mengenal istilah-istilah dalam bidang komputer seperti hardware dan software walaupun saya batasi hanya pada tahap pengenalan saja dengan maksud untuk membuka wawasan siswa. Software dan piranti apa saja yang dikenalkan antara lain jenis-jenis perangkat lunak pengolah kata selain buatan microsoft, ini untuk knowledge saja. Dan juga perangkat lunak yang familiar lainnya seperti winamp, WMP, pengolah gambar, vector. Dalam pembahasan ini juga pengenalan istilah sistem operasi dan sistem aplikasi.
·         Pengenalan jendela microsoft word 2007.
Dalam bahasan ini mengenalkan menu, tool dan ikon bar beserta dengan fungsinya. Tentu penyajian disertai dengan screen shoot dan navigasi yang diharapkan dapat memudahkan siswa dalam mengenal area kerja microsoft word 2007.
·         Menggunakan microsoft word 2007.
Dalam bahasan ini saya memberikan pengetahuan secara sederhana mengenai penggunaan menu dan sub menu secara bertahap dari mulai menu Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, View secara sederhana.
·         Pengenalan Internet.
Materi pengenalan internet sederhana dari mulai pengenalan search engine, e-mail dan lainnya.

5








·         Pengenalan software pengolah angka / spreadsheet.
·         Pengenalan jendela kerja Microsoft Excel
·         Pengenalan menu dan tool workbook
·         Pengenalan fungsi menu dan tool (pembuatan border cell, chart, dll).
·         Pengenalan simbol dan rumus matematika sederhana
·         Perkalian antar cell,
·         Penjumlahan antar cell,
·         Pembagian antar cell,
·         Pengurangan antar cell,
·         Pemangkatan antar cell
·         Penggunaan fungsi statistik sederhana (Min, Max, Sum, Average, Count)
·         Pengenalan dan penggunaan fungsi logika sederhana Left, Mid, Right
·         Pengenalan dan penggunaan rumus Hlookup-Vlookup.
·         Pengenalan dan penggunaan rumus If
6








·         Pengenalan jendela Microsoft PowerPoint 2007.
Dalam bahasan ini mengenalkan menu, tool dan ikon bar beserta dengan fungsinya. Tentu penyajian disertai dengan screen shoot dan navigasi yang diharapkan dapat memudahkan siswa dalam mengenal area kerja Microsoft PowerPoint 2007.
·         Menggunakan Microsoft PowerPoint 2007.
Dalam bahasan ini diberikan pengetahuan secara sederhana mengenai penggunaan menu dan sub menu secara bertahap dari mulai menu Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, View secara sederhana.
·         Internet Excitement
Dalam bahasan ini diberikan pengetahuan tentang internet yang mengasyikkan (excitement) dengan belajar secara sederhana membuat blogs, Edukasi dalam internet.



Ruslan
Ruslan Seseorang yang suka menulis dikala senggang, hobi makan bakso dan suka ngajak jalan-jalan istri