Format Pengisian Lembar Observasi dan Jurnal Penilaian
Dalam melaksanakan penilaian sikap, perlu
dirancang format lembar observasi maupun jurnal sebagai dokumen pendukung dalam
menetapkan Nilai Sikap tiap siswa, dengan kata lain penilaian yang telah kita
lakukan telah Objektif sekaligus Akuntabel, bukan nilai hasil perenungan (red:
tidak ada dokumen apapun untuk membuktikan nilai yang telah kita berikan).
Format yang saya sajikan semua berasal dari Buku Panduan Teknis Pembelajaran
dan Penilaian di SD yang diterbitkan oleh Kemdikbud Dirjen Dikdasmen
Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar 2016.
Tabel 3.1a. Contoh Lembar Observasi
Nama
: ………………………..
Kelas/
Semester
: ………………………..
Pelaksanaan
Pengamatan : ………………………..
No
|
Aspek
yang diamati
|
Tanggal
|
Catatan
Guru
|
1.
|
|||
2.
|
|||
3.
|
Tabel 3.1b. Contoh Format Jurnal Perkembangan Sikap
No
|
Tanggal
|
Nama
Peserta didik
|
Catatan
Perilaku
|
Butir
Sikap
|
1.
|
||||
2.
|
||||
3.
|
Tabel 3.2 Contoh Lembar Penilaian Diri Peserta Didik
Nama
: …………………………….
Kelas
: ………………………………
Semester
: ………………………………
Petunjuk: Berilah tanda centang (√) pada
kolom “Ya” atau “Tidak” sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Saya
selalu berdoa sebelum melakukan aktivitas
|
||
2.
|
Saya
sholat lima waktu tepat waktu
|
||
3.
|
Saya
tidak mengganggu teman saya yang beragama lain berdoa sesuai agamanya
|
||
4.
|
Saya
berani mengakui kesalahan saya
|
||
5.
|
Saya
menyelesaikan tugas-tugas tepat waktu.
|
||
6.
|
Saya
berani menerima resiko atas tindakan yang saya lakukan.
|
||
7.
|
Saya
mengembalikan barang yang saya pinjam.
|
||
8.
|
Saya
meminta maaf jika saya melakukan kesalahan.
|
||
9.
|
Saya
melakukan praktikum sesuai dengan langkah yang ditetapkan.
|
||
10.
|
Saya
dating ke sekolah tepat waktu.
|
||
….
|
Keterangan;
Pernyataan dapat diubah atau ditambah
sesuai dengan butir-butir sikap yang dinilai.
Format tabel di atas hanya sebagai contoh,
satuan pendidikan dapat mengembangkan sesuai kebutuhan.
Tabel 3.2 Contoh Format Penilaian Antar Teman
Nama teman yang dinilai
: …………………………….
Nama
penilai
: ………………………………
Kelas
: ………………………………
Semester
: ………………………………
Petunjuk: Berilah tanda centang (√) pada
kolom “Ya” atau “Tidak” sesuai dengan keadaan kalian yang sebenarnya.
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Teman
saya selalu berdoa sebelum melakukan aktivitas
|
||
2.
|
Teman
saya sholat lima waktu tepat waktu
|
||
3.
|
Teman
saya tidak mengganggu teman saya yang beragama lain berdoa sesuai agamanya
|
||
4.
|
Teman
saya tidak menyontek dalam mengerjakan ujian/penilaian.
|
||
5.
|
Teman
saya tidak melakukan plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa
menyebutkan sumber) dalam mengerjakan setiap tugas.
|
||
6.
|
Teman
saya mengemukakan perasaan terhadap sesuatu apa adanya
|
||
7.
|
Teman
saya melaporkan data atau informasi apa adanya
|
||
….
|
Keterangan;
Pernyataan dapat diubah atau ditambah
sesuai dengan butir-butir sikap yang dinilai.
Format tabel di atas hanya sebagai contoh,
satuan pendidikan dapat mengembangkan sesuai kebutuhan.
Tabel 3.4 Contoh Format Penilaian Antar Teman dengan
Skala Likert
Nama teman yang dinilai
: …………………………….
Nama
penilai
: ………………………………
Kelas
: ………………………………
Semester
: ………………………………
Petunjuk: Berilah tanda centang (√) pada
kolom yang sesuai dengan keadaan kalian yang sebenarnya.
No
|
Pernyataan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Teman
saya selalu berdoa sebelum melakukan aktivitas
|
||||
2.
|
Teman
saya sholat lima waktu tepat waktu
|
||||
3.
|
Teman
saya tidak mengganggu teman saya yang beragama lain berdoa sesuai agamanya
|
||||
4.
|
Teman
saya tidak menyontek dalam mengerjakan ujian/penilaian.
|
||||
5.
|
Teman
saya tidak melakukan plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa
menyebutkan sumber) dalam mengerjakan setiap tugas.
|
||||
6.
|
Teman
saya mengemukakan perasaan terhadap sesuatu apa adanya
|
||||
7.
|
Teman
saya melaporkan data atau informasi apa adanya
|
||||
….
|
Keterangan;
1. Sangat Setuju (SS)
2. Setuju (S)
3. Kurang Setuju (KS)
4. Tidak Setuju (TS)
Tabel 3.5. Contoh Pengisian Lembar Observasi
Nama
: Arora
Kelas/
Semester
: I / 1
Pelaksanaan
Pengamatan : Diluar pembelajaran
No
|
Aspek
yang diamati
|
Tanggal
|
Catatan
Guru
|
1.
|
Taat
beribadah
|
21/07/14
|
Mengajak
teman se-agama untuk melakukan ibadah
|
2.
|
10/12//14
|
Mengajak
temannya untuk sholat berjamaah
|
|
3.
|
Tabel 3.6. Contoh Pengisian Jurnal Sikap Spiritual
(KI-1)
Nama
Sekolah
: SD Bagimu Negeri
Kelas/
Semester : I/
1
Tahun Pelajaran : 2014/2015
No
|
Tanggal
|
Nama
Peserta didik
|
Catatan
Perilaku
|
Butir
Sikap
|
1.
|
21/07/14
|
Arora
|
Selalu
mengajak teman se-agama untuk melakukan ibadah
|
Ketaatan
beribadah
|
Lukito
|
Mendapat
bantuan untuk beli buku dan setelah menerima pergi tanpa mengucapkan kata
terima kasih
|
Berperilaku
Syukur
|
||
2.
|
22/09/14
|
Arora
|
Setiap
ada kegiatan apapun selalu berdoa
|
Berdoa
sebelum dan sesudah melalukan kegiatan
|
Lukito
|
Memberi
kesempatan sembahyang pada teman yang beda agamanya
|
Toleransi
beragama
|
||
3.
|
18/11/14
|
Arora
|
Bangga
akan pemberian orang tuanya walaupun terasa kurang
|
Berperilaku
syukur
|
Mengajak
temannya untuk berdoa sebelum makan
|
Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
|
|||
lukito
|
Mengeluhkan
makanan ringan yang dibawakan orangtua karena kurang banyak
|
Berperilaku
syukur
|
||
4.
|
20/11/14
|
Arora
|
Selalu
mementingkan agamanya
|
Toleransi
beragama
|
Lukito
|
Menghambur-hamburkan
makanan
|
Berperilaku
syukur
|
||
5.
|
10/12/14
|
Arora
|
Selalu
sholat berjamaah di masjid
|
Ketaatan
beribadah
|
Memilih
teman yang seagamanya saja ketika bermain
|
Toleransi
beragama
|
Keterangan:
Format tabel di atas hanya sebagai contoh,
satuan pendidikan dapat mengembangkan sesuai kebutuhan.
Tabel 3.7 Contoh Pengisian Jurnal Sikap Sosial (KI-2)
Nama
Sekolah
: SD Bagimu Negeri
Kelas/
Semester : I/
1
Tahun Pelajaran : 2014/2015
No
|
Tanggal
|
Nama
Peserta didik
|
Catatan
Perilaku
|
Butir
Sikap
|
1.
|
21/07/14
|
Arora
|
Menemukan
uang di lingkungan sekolah dan menyerahkan kepada guru kelasnya
|
Jujur
|
Lukito
|
Mengakui
belum menyelesaikan tugas karena tertidur
|
|||
2.
|
22/09/14
|
Arora
|
Terlambat
datang ke sekolah
|
disiplin
|
Lukito
|
Selalu
dating ke sekolah tepat waktu
|
|||
3.
|
18/10/14
|
Arora
|
Meminta
maaf karena lupa membawa alat-alat untuk menggambar
|
Jujur
|
4.
|
13/11/14
|
Arora
|
Terlambat
datang ke sekolah
|
Disiplin
|
Berbicara
dengan lancer dan lantang saat presentasi kartu nama
|
Percaya
diri
|
|||
Lukito
|
Berbicara
kasar saat temannya meminta tolong
|
Santun
|
||
5.
|
20/11/14
|
Arora
|
Terlambat
datang ke sekolah
|
Disiplin
|
Lukito
|
Mengembalikan
pensil temannya dengan cara dilempar
|
Santun
|
||
6.
|
10/12/14
|
Arora
|
Terlambat
datang ke sekolah
|
Disiplin
|
Mengajukan
diri untuk lomba bernyanyi mewakili kelas 1
|
Percaya
diri
|
|||
7.
|
12/12/14
|
Arora
|
Terlambat
datang ke sekolah
|
Disiplin
|
Keterangan:
Format table di atas hanya sebagai contoh,
satuan pendidikan dapat mengembangkan sesuai kebutuhan