Cara Cepat Mengerjakan Aplikasi Silala BOS
Bantuan Operasional Sekolah (BOS) adalah biaya operasi nonpersonalia bagi satuan pendidikan dasar dan menengah sebagai pelaksana wajib belajar.
Laporan pertanggungjawaban mengenai pengelolaan dana BOS tersebut harus dilaksanakan secara tertib, taat pada Peraturan Perundang-Undangan, efektif, efisien dan transparan guna mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik, hal tersebut mendorong pemerintah daerah membuat aplikasi yang membantu sekolah dalam membuat laporan BOS tersebut.
SILALA (Sistem Laporan Langsung) adalah Aplikasi Laporan Pertanggungjawaban Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Satuan Pendidikan Dasar Berbasis Sistem Laporan Langsung.
Sejatinya aplikasi Silala dibuat untuk memudahkan pelaporan dana BOS bagi setiap sekolah.
Berikut adalah langkah-langkah pengerjaan aplikasi silala yang disusun berdasarkan hasil bimtek yang dierima. Tetapi aplikasi ini masih terus dalam perbaikan ke depannya sehingga apabila ada perubahan-perubahan yang tidak sesuai dengan tulisan ini mohon masukkannya demi perbaikan ke depan.
Oke anggap saja kita sudah berhasil log in ke aplikasi silala, sudah mengisi Pengguna dan Data Master.
Langkah-langkah pengerjaannya adalah sebagai berikut:
1. Pendapatan
yang harus diperhatikan
2. Mutasi
3. Perencanaan
Untuk mengisi menu perencanaan dientri berdasarkan kwitansi, tanggal dipilih sesuai lunas bayar (perkiraan setelah cair)
5. Back Up & Restore
Back Up:
Laporan pertanggungjawaban mengenai pengelolaan dana BOS tersebut harus dilaksanakan secara tertib, taat pada Peraturan Perundang-Undangan, efektif, efisien dan transparan guna mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik, hal tersebut mendorong pemerintah daerah membuat aplikasi yang membantu sekolah dalam membuat laporan BOS tersebut.
SILALA (Sistem Laporan Langsung) adalah Aplikasi Laporan Pertanggungjawaban Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Satuan Pendidikan Dasar Berbasis Sistem Laporan Langsung.
Sejatinya aplikasi Silala dibuat untuk memudahkan pelaporan dana BOS bagi setiap sekolah.
Berikut adalah langkah-langkah pengerjaan aplikasi silala yang disusun berdasarkan hasil bimtek yang dierima. Tetapi aplikasi ini masih terus dalam perbaikan ke depannya sehingga apabila ada perubahan-perubahan yang tidak sesuai dengan tulisan ini mohon masukkannya demi perbaikan ke depan.
Oke anggap saja kita sudah berhasil log in ke aplikasi silala, sudah mengisi Pengguna dan Data Master.
Langkah-langkah pengerjaannya adalah sebagai berikut:
1. Pendapatan
- Pendapatan diisi berdasarkan tarik tunai oleh bendahara (jika 2 kali penarikan maka diisi 2 kali sesuai tanggal penarikan)
- Sisa Bos Pusat diisi sisa tahun sebelumnya yang ada di kas tunai (apabila ada saldo tunai)
- Untuk mengisi mutasi kita entri berdasarkan rekening koran
- Debit (masuk) pengisian debit ini dientri berdasarkan rekening koran terdiri dari :
- bunga
- sisa Bos tahun sebelumnya
- transfer dana Bos pusat
- dana kegiatan lain
- Kredit (keluar)
- biaya administrasi
- pajak bunga
- tarik tunai
- dana kegiatan lain
- Note diisi kata-kata agar nyambung contoh: sisa bos, tahun, bulan atau strip (-)
3. Perencanaan
Untuk mengisi menu perencanaan dientri berdasarkan kwitansi, tanggal dipilih sesuai lunas bayar (perkiraan setelah cair)
- SPK untuk memilih kegiatan (SPK) ketikkan salahsatu kunci contoh: laptop, ATK, Buku, Honor, perbaikan dll.
- ATK pengisian ATK di satuan bisa dipaket dengan catatan dirinci nantinya di pengeluaran.
4. Pengeluaran
Di menu pengeluaran ini data akan muncul sesuai dengan yang dientri di perencanaan. Yang perlu diperhatikan adalah:
- memilih pajak jika ada
- merinci ATK
- merinci pembelian buku
- edit tanggal sesuai pencairan
Pajak:
- setelah dipilih maka akan muncul
- tanggal bayar pajak disesuaikandengan tanggal bayar tersebut
5. Back Up & Restore
Back Up:
"untuk membackup (menyimpan) data agar dapat dipindahkan ke laptop lain" nanti akan muncul nama file excel data_Bos_nama sekolahRestore:
" untuk memindahkan data yang telah kita back up ke laptop yang baru" caranya adalah: Instal aplikasi SILALA di laptop yang baru dan jangan lupa minta reset pasword ke admin kecamatan atau kabupaten agar status Not Instaled sehingga kita bisa log in di laptop yang baru diinstal aplikasi
back up & restore |