Laporan Pengembangan Diri untuk Naik Tingkat Guru
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Guru sebagai Tenaga Pendidik Profesional adalah guru yang tidak hanya merasa puas
dengan pengetahuan dan keterampilan yang sudah dimiliki. Seorang guru sebagai tenaga
profesional
hendaklah berusaha mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya sehingga
layanan yang diberikan kepada peserta didik adalah layanan yang
semakin berkualitas.
Tugas seorang guru yang profesional
tidak hanya dituntut untuk memiliki kinerja yang baik dalam melaksanakan tugas mengajar, mendidik, dan melatih peserta
didik saja melainkan juga
harus melakukan pengembangan keprofesian berkelanjutan.
Berbagai hal
bisa
dilakukan oleh seorang guru untuk
dapat meningkatkan
profesionalismenya.
Menurut Permeneg PAN dan RB no 16
tahun 2009, seorang guru dapat melakukan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan melalui tiga komponen yaitu:
1) melaksanakan pengembangan diri, 2) malakukan publikasi ilmiah dan 3) menemukan dan menciptakan karya-karya
innovative.
Kegiatan pengembangan diri bisa dilakukan melalui dua kegiatan yaitu diklat fungsional dan
kegiatan kolektif guru.
semua kegiatan yang dilakukan oleh guru di kelompok kerja atau KKG termasuk ke dalam kegiatan kolektif guru sedangkan
kegiatan lain di luar KKG termasuk ke
dalam diklat fungsional.
Seorang
guru
yang melaksanakan pengembangan
diri atau kegiatan pengembangan
keprofesian berkelanjutan lainnya disamping akan
dapat meniingkatkan pengetahuan dan
keterampilan sebagai seorang guru, juga mendapat penghargaan angka kredit yang dapat
diperhitungkan untuk
perkembangan kariernya
Tujuan
Berdasarkan paparan di
atas, pengembangan diri
dilakukan oleh penulis dengan tujuan:
a. Mendapatkan pengetahuan dan keterampilan untuk dapat
memberikan
pelayanan yang
lebih baik kepada peserta didik
b. Mengumpulkan angka kredit yang disyaratkan untuk kenaikan pangkat/jabatan setingkat lebih tinggi.
PELAKSANAAN PENGEMBANGAN DIRI
Pengembangan Diri 1
Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013
1. Waktu Pelaksanaan
Kegiatan dilaksanakan mulai tanggal 17 – 06 – 2014
s/d 21 – 06 - 2014 bertempat di SDN 1 Bantargadung Kecamatan Bantar Gadung Kabupaten VCNNNN
2. Jenis
Kegiatan
Kegiatan pengembangan
diri
yang
dilakukan
adalah
menjadi
Peserta
3. Tujuan Pengembangan Diri
Tujuan dari pengembangan diri ini adalah:
a.
Mendapatkan informasi dan pemahaman tentang Kurikulum 2013
b.
Mendapatkan informasi tentang kegiatan belajar mengajar pada kurikulum 2013
4. Uraian Materi
Materi yang dilaksanakan di SDN 1 Bantar Gadung adalah Pengembangan dan
pemahaman tentang tugas dan kewajiban kerja seorang guru kelas,guru bidang.serta pengadministrasian guru dalam pelaksanaan kurikulum 2013
5. Tindak
Lanjut
Dilaksanakan dan kembangkan dalam kinerja
guru kesehariannya di kelas
6. Dampak
Pengembangan Diri
Adapun dampak yang penulis rasakan dari pengembangan diri yang dilakukan adalah:
a. Meningkatnya pengetahuan tentang
pemberlakuan kurikulum baru 2013
b. Sebagai seorang pigur dalam power di kelas dan kepemimpinan
Pengembangn Diri 2
DISEMINASI Karya Tulis Ilmiah Melalui Publikasi Ilmiah Guru Sekolah Dasar
1. Waktu Pelaksanaan
Kegiatan dilaksanakan mulai Tanggal 09 Agustus s/d 11 Maret 2015 bertempat di SDN 1 Selabintana VCNNNN Jawa Barat
2. Jenis
Kegiatan
Kegiatan pengembangan
diri
yang
dilakukan
adalah
menjadi
peserta pada
‘Pelatihan Penyusunan Karya Tulis Iliah
3. Tujuan Pengembangan Diri
Tujuan dari pengembangan diri ini adalah:
a. Mendapatkan wawasan dan Pengetahuan tentang keilmuan
sebagai guru profesional.
b. Mendapatkan informasi tentang praktek
pembelajaran menggunakan
Karya Tulis Ilmiah
4. Uraian Materi
Materi utama
yang
diberikan
dalam pelatihan ini adalah
Konsep Dasar PKb, Konsep Dasar PTK, Tehnik Penyusunan Proposal PTK, Teknik
Penyusunan PTK.
5. Tindak
Lanjut
Tindak
lanjut yang dilakukan setelah kegiatan pengembangan diri ini adalah melaksanakan Penyusunan PTK di Sekolah
6. Dampak
Pengembangan Diri
Adapun dampak yang penulis rasakan dari pengembangan diri yang dilakukan adalah:
a. Meningkatnya rasa percaya diri dan kemampuan penulis dalam
menjalankan tugas guru pada kegiatan pembelajaran di Sekolah
b. Sebagai seorang pemimpin dapat memberikan
pendampingan yang maksimal pada guru dalam proses pembelajaran
Pengembangn Diri 3
DISEMINASI Karya Inovatif Melalui Publikasi Ilmiah Guru Sekolah Dasar
1. Waktu Pelaksanaan
Kegiatan dilaksanakan mulai Tanggal 12 Agustus s/d 14 Maret 2015 bertempat di SDN 1 Selabintana VCNNNN Jawa Barat
2. Jenis
Kegiatan
Kegiatan pengembangan
diri
yang
dilakukan
adalah
menjadi
peserta pada
‘Pelatihan Penyusunan Karya Inovatif
3. Tujuan Pengembangan Diri
Tujuan dari pengembangan diri ini adalah:
a. Mendapatkan wawasan dan Pengetahuan tentang keilmuan
sebagai guru profesional.
b. Mendapatkan informasi tentang praktek
pembelajaran menggunakan
Karya Tulis Ilmiah
4. Uraian Materi
Materi utama
yang
diberikan
dalam pelatihan ini adalah
Konsep Dasar PKb, Konsep Dasar PTK, Tehnik Penyusunan Proposal PTK, Teknik
Penyusunan PTK.Elaborasi Permenpan
RB Nomor 16 Tahun 2009, Konsep dasar karya inovatif, Teknik pembuatan karya
inovatif, Teknik penyusunan karya inovatif, Desiminasi karya inovatif dan
Penilaian angka kredit
5. Tindak
Lanjut
Tindak
lanjut yang dilakukan setelah kegiatan pengembangan diri ini adalah melaksanakan Penyusunan Karya
Inovatif di Sekolah
6. Dampak
Pengembangan Diri
Adapun dampak yang penulis rasakan dari pengembangan diri yang dilakukan adalah:
a. Meningkatnya rasa percaya diri dan kemampuan penulis dalam
menjalankan tugas guru pada kegiatan pembelajaran di Sekolah
b. Sebagai seorang pemimpin dapat memberikan
pendampingan yang maksimal pada guru dalam proses pembelajaran.
Pengembangn Diri 4
Workshop Desiminasi Contectual Learning and Teaching
(CTL) pada Pembelajaran Inklusif bagi Guru Pendidikan Khusus (GPK)
1. Waktu Pelaksanaan
Kegiatan dilaksanakan mulai Tanggal 29 Agustus s/d 31 Agustus 2016 bertempat di SDN 2 Caringin
Kabupaten VCNNNN Jawa Barat
2. Jenis
Kegiatan
Kegiatan pengembangan
diri
yang
dilakukan
adalah
menjadi
peserta pada
Workshop CTL
3. Tujuan Pengembangan Diri
Tujuan dari pengembangan diri ini adalah:
a. Mendapatkan wawasan dan Pengetahuan tentang keilmuan
sebagai guru l.
b. Mendapatkan informasi tentang praktek
pembelajaran bagi GPK
4. Uraian Materi
Materi utama
yang
diberikan
dalam pelatihan ini adalah
hakikat pemahaman pendidikan inklusif dan ABK, Kesulitan belajar dan
Hambatan Intelektual, Pengertian Screening dan identifikasi ABK dan
permasalahannya, tugas kelompok screening dan identifikasi, presentasi
screening dan identifikasi pengertian assesment dan permasalahannya, tugas
kelompok assesment, pengertian PPI dan permasalahannya, tugas kelompok PPI,
pengertian modofikasi prilaku siswa, Assesment prilaku fungsional siswa
5. Tindak
Lanjut
Tindak
lanjut yang dilakukan setelah kegiatan pengembangan diri ini adalah melaksanakan pembelajaran di Sekolah
6. Dampak
Pengembangan Diri
Adapun dampak yang penulis rasakan dari pengembangan diri yang dilakukan adalah:
a. Meningkatnya rasa percaya diri dan kemampuan penulis dalam
menjalankan tugas guru pada kegiatan pembelajaran di Sekolah
b. Sebagai seorang pemimpin dapat memberikan
pendampingan yang maksimal pada guru dalam proses pembelajaran.
Pengembangn Diri 5
PELATIHAN Senam Pramuka Jilid 2
1. Waktu Pelaksanaan
Kegiatan dilaksanakan mulai Tanggal 15 April s/d 23 April 2016 bertempat di GOR Lugina Kec.
Sukaraja VCNNNN Jawa Barat
2. Jenis
Kegiatan
Kegiatan Pelatihan Senam Pramuka yang terbaru
3. Tujuan Pengembangan Diri
Tujuan dari pengembangan diri ini adalah:
a. Mendapatkan wawasan dan Pengetahuan tentang gerakan senam
pramuka
b. Mendapatkan informasi tentang Senam Pramuka untuk dipraktekan ke siswa
4. Uraian Materi
Materi utama
yang
diberikan
dalam pelatihan ini adalah
praktek pemanasan, latihan inti dan pendinginan dalam gerakan senam
5. Tindak
Lanjut
Tindak
lanjut yang dilakukan setelah kegiatan pengembangan diri ini adalah melaksanakan pembelajaran di Sekolah (siswa)
6. Dampak
Pengembangan Diri
Adapun dampak yang penulis rasakan dari pengembangan diri yang dilakukan adalah:
a. Meningkatnya rasa percaya diri dan kemampuan penulis dalam
menjalankan tugas guru pada kegiatan pembelajaran di Sekolah
b. Sebagai seorang pemimpin dapat memberikan
pendampingan yang maksimal pada guru dalam proses pembelajaran.
Pengembangn Diri 6
PELATIHAN Senam SKJ Kita Bisa
1. Waktu Pelaksanaan
Kegiatan dilaksanakan mulai Tanggal 25 September s/d 28 September 2017 bertempat di GOR Lugina Kec. Sukaraja VCNNNN Jawa Barat
2. Jenis
Kegiatan
Kegiatan Pelatihan Senam SKJ Kita Bisa
3. Tujuan Pengembangan Diri
Tujuan dari pengembangan diri ini adalah:
a. Mendapatkan wawasan dan Pengetahuan tentang gerakan
senam SKJ
b. Mendapatkan informasi tentang Senam SKJ untuk dipraktekan ke siswa
4. Uraian Materi
Materi utama
yang
diberikan
dalam pelatihan ini adalah
praktek pemanasan SKJ, latihan inti SKJ dan pendinginan dalam gerakan senam
SKJ
5. Tindak
Lanjut
Tindak
lanjut yang dilakukan setelah kegiatan pengembangan diri ini adalah melaksanakan pembelajaran di Sekolah (siswa)
6. Dampak
Pengembangan Diri
Adapun dampak yang penulis rasakan dari pengembangan diri yang dilakukan adalah:
a. Meningkatnya rasa percaya diri dan kemampuan penulis dalam
menjalankan tugas guru pada kegiatan pembelajaran di Sekolah
b. Sebagai seorang pemimpin dapat memberikan
pendampingan yang maksimal pada guru dalam proses pembelajaran.
Pengembangn Diri 7
Pelatihan Penguatan Pendidikan Inklusif
Tingkat Satuan Pendidikan
1. Waktu Pelaksanaan
Kegiatan dilaksanakan mulai tanggal 21 s/d 23 November 2017 bertempat di SDN 2 Caringin Kec. SUMBER REZEKI Kab. VCNNNN
2. Jenis
Kegiatan
Kegiatan pengembangan
diri
yang
dilakukan
adalah
menjadi
peserta pada
Pelatihan
3. Tujuan Pengembangan Diri
Tujuan dari pengembangan diri ini adalah:
a. Mendapatkan informasi dan pemahaman tentang Peningkatan
Pengetahuan Guru dalam Pembelajaran Inklusif
b. Mendapatkan informasi tentang Implementasi GPK
4. Uraian Materi
Materi utama
yang
diberikan
dalam pelatihan ini adalah
Konsep pendidikan inklusif, identifikasi assesment dan pengambilan
keputusan penyusunan profil dan adaptasi kurikulum dan Praktek penyusunan RPP
dan PPI
5. Tindak
Lanjut
Tindak
lanjut yang dilakukan setelah kegiatan pengembangan diri ini adalah melaksanakan
kegiatan di KKG dan menjalankan di
sekolah.
6. Dampak
Pengembangan Diri
Adapun dampak yang penulis rasakan dari pengembangan diri yang dilakukan adalah:
a. Meningkatnya rasa percaya diri dan kemampuan pengelolaan,kelas
b. Sebagai seorang guru dapat menguasai diri dalam berkomunikasi
serta mampu berkoordinasi dengan warga sekolah ataupun dengan pihak UPTD
Pendidikan Kecamatan
Pengembangn Diri 8
Work Shop Pembelajaran Abad 21 dan Penguatan
Pendidikan Karakter
1. Waktu Pelaksanaan
Kegiatan dilaksanakan mulai tanggal 23 s/d 25 Februari 2018 bertempat di Hotel Augusta Kab. VCNNNN
2. Jenis
Kegiatan
Kegiatan pengembangan
diri
yang
dilakukan
adalah
menjadi
peserta pada
Work Shop
3. Tujuan Pengembangan Diri
Tujuan dari pengembangan diri ini adalah:
a. Mendapatkan informasi dan pemahaman tentang Peningkatan
Keprofesionalan Guru dalam kinerjanya
b. Mendapatkan informasi tentang Implementasi Pembelajaran Abad 21
4. Uraian Materi
Materi utama
yang
diberikan
dalam pelatihan ini adalah
kebijakan peningkatan mutu pembelajaran. Kebijakan dan dinamika
perkembangan kurikulum, pengembangan kurikulum dalam pembelajaran. Konsep pembelajaran
abad 21
5. Tindak
Lanjut
Tindak
lanjut yang dilakukan setelah kegiatan pengembangan diri ini adalah melaksanakan
kegiatan di Forum Kecamatan dan menjalankan di sekolah.
6. Dampak
Pengembangan Diri
Adapun dampak yang penulis rasakan dari pengembangan diri yang dilakukan adalah:
a. Meningkatnya rasa percaya diri dan kemampuan pengelolaan,kelas
b. Sebagai seorang guru dapat menguasai diri dalam berkomunikasi
serta mampu berkoordinasi dengan warga sekolah
Pengembangn Diri 9
Pelatihan Kurikulum Bagi Guru Kelas III
dan VI
1. Waktu Pelaksanaan
Kegiatan dilaksanakan mulai tanggal 21 s/d 23 Juni 2018 bertempat di SDN 2 Sukamanah Kab. VCNNNN
2. Jenis
Kegiatan
Kegiatan pengembangan
diri
yang
dilakukan
adalah
menjadi
peserta pada
Work Shop
3. Tujuan Pengembangan Diri
Tujuan dari pengembangan diri ini adalah:
a. Mendapatkan informasi dan pemahaman tentang Peningkatan
Keprofesionalan Guru dalam kinerjanya
b. Mendapatkan informasi tentang Implementasi Kurikulum 2013
4. Uraian Materi
Materi utama
yang
diberikan
dalam pelatihan ini adalah
Analisis SKL, KI, KD dan Silabus
Pedoman Tematik/Mapel
Pembelajaran. Analisis materi dalam buku teks pelajaran, Membuat Rencana pembelajaran
(Prota, Promes dan RPP)
5. Tindak
Lanjut
Tindak
lanjut yang dilakukan setelah kegiatan pengembangan diri ini adalah melaksanakan
kegiatan di Forum Kecamatan dan menjalankan di sekolah.
6. Dampak
Pengembangan Diri
Adapun dampak yang penulis rasakan dari pengembangan diri yang dilakukan adalah:
a. Meningkatnya rasa percaya diri dan kemampuan pengelolaan,kelas
b. Sebagai seorang guru dapat menguasai diri dalam berkomunikasi
serta mampu berkoordinasi dengan warga sekolah
PENUTUP
Pengembangan diri merupakan salah satu kegiatan
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang harus dilaksanakan guru setiap
tahun. Pengembangan diri yang terdiri dari kegiatan Diklat fungsional dan
kegiatan kolektif guru harus dideskripsikan dalam bentuk laporan pengembangan
diri agar kegiatan tersebut dapat dinilai angka kreditnya. Demikian pula halnya
dengan kegiatan pengembangan diri yang saya lakukan selama periode masa
penilaian sampai akhir bulan desember 2018
dilaporkan secara deskriptif sesuai dengan pedoman yang dirumuskan pada Buku 4
tentang Pedoman PKB.
Laporan ini disusun sebagai salah satu syarat bukti fisik yang saya lakukan agar Tim
Penilai Angka Kredit Provinsi dapat memperhitungkan jumlah angka kredit yang
dicapai. Deskripsi laporan ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari bukti
fisik pengembangan diri yang lain, yakni surat tugas kegiatan dan
sertifikat/surat keterangan pelaksanaan kegiatan.
Semoga laporan ini dapat menjadi bahan pertimbangan
bagi anggota Tim Penilai Angka Kredit dalam pelaksanaan sidang penilaian angka
kredit, khususnya pada aspek pengembangan keprofesian berkelanjutan yang telah
saya laksanakan.