Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Laporan Pengembangan Diri untuk Naik Tingkat Guru



Laporan Pengembangan Diri Naik Tingkat




LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI




 









PENDAHULUAN


Latar Belakang

Guru sebagai Tenaga Pendidik Profesional adalah guru yang tidak hanya merasa puas dengan pengetahuan dan keterampilan   yang sudah dimiliki.    Seorang guru sebagai tenaga profesional hendaklah berusaha mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya sehingga layanan yang diberikan kepada peserta didik adalah layanan yang  semakin berkualitas.

Tugas seorang guru yang profesional  tidak hanya dituntut untuk memiliki kinerja yang baik dalam melaksanakan tugas mengajar, mendidik, dan melatih peserta didik saja  melainkan juga harus melakukan pengembangan keprofesian berkelanjutan.

Berbagai hal bisa dilakukan oleh seorang guru untuk dapat meningkatkan profesionalismenya.  Menurut Permeneg PAN dan RB no 16 tahun 2009, seorang guru dapat melakukan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan melalui tiga komponen  yaitu: 1) melaksanakan pengembangan diri, 2) malakukan publikasi ilmiah dan 3) menemukan dan menciptakan karya-karya innovative.

Kegiatan pengembangan diri bisa dilakukan melalui dua kegiatan yaitu diklat fungsional dan kegiatan kolektif guru.  semua kegiatan yang dilakukan oleh guru di kelompok kerja atau KKG termasuk ke dalam kegiatan kolektif guru sedangkan kegiatan lain di luar KKG termasuk ke dalam diklat fungsional.

Seorang guru yang melaksanakan pengembangan diri atau kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan lainnya disamping akan dapat meniingkatkan pengetahuan dan keterampilan sebagai seorang guru, juga mendapat penghargaan angka kredit yang dapat diperhitungkan untuk perkembangan kariernya

Tujuan

Berdasarkan paparan di atas, pengembangan diri dilakukan oleh penulis dengan tujuan:

a.   Mendapatkan pengetahuan dan keterampilan untuk dapat  memberikan  pelayanan  yang lebih baik kepada peserta didik
b.   Mengumpulkan angka kredit yang disyaratkan untuk kenaikan pangkat/jabatan setingkat lebih tinggi.


PELAKSANAAN PENGEMBANGAN DIRI


Pengembangan Diri 1
Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013

1.   Waktu Pelaksanaan

Kegiatan dilaksanakan mulai tanggal 17 – 06 – 2014 s/d  21 – 06 - 2014 bertempat di SDN 1 Bantargadung Kecamatan Bantar Gadung  Kabupaten VCNNNN

2.   Jenis Kegiatan

Kegiatan  pengembangan  diri  yang  dilakukan  adalah  menjadi  Peserta

3.   Tujuan Pengembangan Diri

Tujuan dari pengembangan diri ini adalah:

a.       Mendapatkan informasi dan pemahaman tentang Kurikulum 2013
b.       Mendapatkan informasi tentang kegiatan belajar mengajar pada  kurikulum 2013

4.   Uraian Materi

Materi yang dilaksanakan di SDN 1 Bantar Gadung adalah Pengembangan dan pemahaman tentang tugas dan kewajiban kerja seorang guru kelas,guru bidang.serta pengadministrasian guru dalam pelaksanaan kurikulum 2013
5.   Tindak Lanjut

Dilaksanakan dan kembangkan dalam kinerja guru kesehariannya di kelas
6.   Dampak Pengembangan Diri

Adapun dampak yang penulis rasakan dari pengembangan diri yang dilakukan adalah:

a.   Meningkatnya pengetahuan tentang pemberlakuan kurikulum baru 2013
b.   Sebagai seorang pigur dalam power di kelas dan kepemimpinan

Pengembangn Diri 2

DISEMINASI Karya Tulis Ilmiah Melalui Publikasi Ilmiah Guru Sekolah Dasar

1.   Waktu Pelaksanaan

Kegiatan dilaksanakan mulai Tanggal 09 Agustus s/d 11 Maret 2015 bertempat di SDN 1 Selabintana VCNNNN Jawa Barat

2.   Jenis Kegiatan

Kegiatan  pengembangan  diri  yang  dilakukan  adalah  menjadi  peserta  pada  Pelatihan Penyusunan Karya Tulis Iliah
3.   Tujuan Pengembangan Diri

Tujuan dari pengembangan diri ini adalah:

a.   Mendapatkan wawasan dan Pengetahuan tentang keilmuan sebagai guru profesional.
b.   Mendapatkan informasi tentang praktek pembelajaran menggunakan
      Karya Tulis Ilmiah


4.   Uraian Materi

Materi  utama  yang  diberikan  dalam  pelatihan  ini  adalah Konsep Dasar PKb, Konsep Dasar PTK, Tehnik Penyusunan Proposal PTK, Teknik Penyusunan PTK.
5.   Tindak Lanjut

Tindak  lanjut  yang  dilakukan  setelah  kegiatan  pengembangan  diri  ini  adalah  melaksanakan  Penyusunan PTK di Sekolah
6.   Dampak Pengembangan Diri

Adapun dampak yang penulis rasakan dari pengembangan diri yang dilakukan adalah:

a.   Meningkatnya rasa percaya diri dan kemampuan penulis dalam menjalankan tugas guru pada kegiatan pembelajaran di Sekolah
b.   Sebagai seorang pemimpin dapat memberikan pendampingan yang maksimal pada guru dalam proses pembelajaran

Pengembangn Diri 3

DISEMINASI Karya Inovatif Melalui Publikasi Ilmiah Guru Sekolah Dasar

1.   Waktu Pelaksanaan

Kegiatan dilaksanakan mulai Tanggal 12 Agustus s/d 14 Maret 2015 bertempat di SDN 1 Selabintana VCNNNN Jawa Barat

2.   Jenis Kegiatan

Kegiatan  pengembangan  diri  yang  dilakukan  adalah  menjadi  peserta  pada  Pelatihan Penyusunan Karya Inovatif
3.   Tujuan Pengembangan Diri

Tujuan dari pengembangan diri ini adalah:

a.   Mendapatkan wawasan dan Pengetahuan tentang keilmuan sebagai guru profesional.
b.   Mendapatkan informasi tentang praktek pembelajaran menggunakan
      Karya Tulis Ilmiah


4.   Uraian Materi

Materi  utama  yang  diberikan  dalam  pelatihan  ini  adalah Konsep Dasar PKb, Konsep Dasar PTK, Tehnik Penyusunan Proposal PTK, Teknik Penyusunan PTK.Elaborasi Permenpan RB Nomor 16 Tahun 2009, Konsep dasar karya inovatif, Teknik pembuatan karya inovatif, Teknik penyusunan karya inovatif, Desiminasi karya inovatif dan Penilaian angka kredit
5.   Tindak Lanjut

Tindak  lanjut  yang  dilakukan  setelah  kegiatan  pengembangan  diri  ini  adalah  melaksanakan  Penyusunan Karya Inovatif di Sekolah
6.   Dampak Pengembangan Diri

Adapun dampak yang penulis rasakan dari pengembangan diri yang dilakukan adalah:

a.   Meningkatnya rasa percaya diri dan kemampuan penulis dalam menjalankan tugas guru pada kegiatan pembelajaran di Sekolah
b.   Sebagai seorang pemimpin dapat memberikan pendampingan yang maksimal pada guru dalam proses pembelajaran.



Pengembangn Diri 4
Workshop Desiminasi Contectual Learning and Teaching (CTL) pada Pembelajaran Inklusif bagi Guru Pendidikan Khusus (GPK)

1.   Waktu Pelaksanaan

Kegiatan dilaksanakan mulai Tanggal 29 Agustus s/d 31 Agustus 2016 bertempat di SDN 2 Caringin Kabupaten VCNNNN Jawa Barat

2.   Jenis Kegiatan

Kegiatan  pengembangan  diri  yang  dilakukan  adalah  menjadi  peserta  pada  Workshop CTL
3.   Tujuan Pengembangan Diri

Tujuan dari pengembangan diri ini adalah:

a.   Mendapatkan wawasan dan Pengetahuan tentang keilmuan sebagai guru l.
b.   Mendapatkan informasi tentang praktek pembelajaran bagi GPK
     


4.   Uraian Materi

Materi  utama  yang  diberikan  dalam  pelatihan  ini  adalah hakikat pemahaman pendidikan inklusif dan ABK, Kesulitan belajar dan Hambatan Intelektual, Pengertian Screening dan identifikasi ABK dan permasalahannya, tugas kelompok screening dan identifikasi, presentasi screening dan identifikasi pengertian assesment dan permasalahannya, tugas kelompok assesment, pengertian PPI dan permasalahannya, tugas kelompok PPI, pengertian modofikasi prilaku siswa, Assesment prilaku fungsional siswa
5.   Tindak Lanjut

Tindak  lanjut  yang  dilakukan  setelah  kegiatan  pengembangan  diri  ini  adalah  melaksanakan  pembelajaran di Sekolah
6.   Dampak Pengembangan Diri

Adapun dampak yang penulis rasakan dari pengembangan diri yang dilakukan adalah:

a.   Meningkatnya rasa percaya diri dan kemampuan penulis dalam menjalankan tugas guru pada kegiatan pembelajaran di Sekolah
b.   Sebagai seorang pemimpin dapat memberikan pendampingan yang maksimal pada guru dalam proses pembelajaran.



Pengembangn Diri 5

PELATIHAN Senam Pramuka Jilid 2

1.   Waktu Pelaksanaan

Kegiatan dilaksanakan mulai Tanggal 15 April s/d 23 April 2016 bertempat di GOR Lugina Kec. Sukaraja  VCNNNN Jawa Barat

2.   Jenis Kegiatan

Kegiatan  Pelatihan Senam Pramuka yang terbaru
3.   Tujuan Pengembangan Diri

Tujuan dari pengembangan diri ini adalah:

a.   Mendapatkan wawasan dan Pengetahuan tentang gerakan senam pramuka
b.   Mendapatkan informasi tentang Senam Pramuka untuk dipraktekan ke siswa
    


4.   Uraian Materi

Materi  utama  yang  diberikan  dalam  pelatihan  ini  adalah praktek pemanasan, latihan inti dan pendinginan dalam gerakan senam
5.   Tindak Lanjut

Tindak  lanjut  yang  dilakukan  setelah  kegiatan  pengembangan  diri  ini  adalah  melaksanakan  pembelajaran di Sekolah (siswa)
6.   Dampak Pengembangan Diri

Adapun dampak yang penulis rasakan dari pengembangan diri yang dilakukan adalah:

a.   Meningkatnya rasa percaya diri dan kemampuan penulis dalam menjalankan tugas guru pada kegiatan pembelajaran di Sekolah
b.   Sebagai seorang pemimpin dapat memberikan pendampingan yang maksimal pada guru dalam proses pembelajaran.


Pengembangn Diri 6

PELATIHAN Senam SKJ Kita Bisa

1.   Waktu Pelaksanaan

Kegiatan dilaksanakan mulai Tanggal 25 September s/d 28 September 2017 bertempat di GOR Lugina Kec. Sukaraja  VCNNNN Jawa Barat

2.   Jenis Kegiatan

Kegiatan  Pelatihan Senam SKJ Kita Bisa
3.   Tujuan Pengembangan Diri

Tujuan dari pengembangan diri ini adalah:

a.   Mendapatkan wawasan dan Pengetahuan tentang gerakan senam SKJ
b.   Mendapatkan informasi tentang Senam SKJ untuk dipraktekan ke siswa
    


4.   Uraian Materi

Materi  utama  yang  diberikan  dalam  pelatihan  ini  adalah praktek pemanasan SKJ, latihan inti SKJ dan pendinginan dalam gerakan senam SKJ
5.   Tindak Lanjut

Tindak  lanjut  yang  dilakukan  setelah  kegiatan  pengembangan  diri  ini  adalah  melaksanakan  pembelajaran di Sekolah (siswa)
6.   Dampak Pengembangan Diri

Adapun dampak yang penulis rasakan dari pengembangan diri yang dilakukan adalah:

a.   Meningkatnya rasa percaya diri dan kemampuan penulis dalam menjalankan tugas guru pada kegiatan pembelajaran di Sekolah
b.   Sebagai seorang pemimpin dapat memberikan pendampingan yang maksimal pada guru dalam proses pembelajaran.

Pengembangn Diri 7
Pelatihan Penguatan Pendidikan Inklusif Tingkat Satuan Pendidikan
1.   Waktu Pelaksanaan

Kegiatan dilaksanakan mulai tanggal 21 s/d 23 November  2017 bertempat di  SDN 2 Caringin Kec. SUMBER REZEKI Kab. VCNNNN

2.   Jenis Kegiatan
Kegiatan  pengembangan  diri  yang  dilakukan  adalah  menjadi  peserta  pada  Pelatihan
3.   Tujuan Pengembangan Diri

Tujuan dari pengembangan diri ini adalah:

a.   Mendapatkan informasi dan pemahaman tentang Peningkatan Pengetahuan Guru dalam Pembelajaran Inklusif
b.  Mendapatkan informasi tentang Implementasi GPK

4.   Uraian Materi

Materi  utama  yang  diberikan  dalam  pelatihan  ini  adalah Konsep pendidikan inklusif, identifikasi assesment dan pengambilan keputusan penyusunan profil dan adaptasi kurikulum dan Praktek penyusunan RPP dan PPI
5.   Tindak Lanjut

Tindak  lanjut  yang  dilakukan  setelah  kegiatan  pengembangan  diri  ini  adalah  melaksanakan kegiatan di KKG  dan menjalankan di sekolah.
6.   Dampak Pengembangan Diri

Adapun dampak yang penulis rasakan dari pengembangan diri yang dilakukan adalah:

a.   Meningkatnya rasa percaya diri dan kemampuan pengelolaan,kelas
b.   Sebagai seorang guru dapat menguasai diri dalam berkomunikasi serta mampu berkoordinasi dengan warga sekolah ataupun dengan pihak UPTD Pendidikan Kecamatan



Pengembangn Diri 8
Work Shop Pembelajaran Abad 21 dan Penguatan Pendidikan Karakter
1.   Waktu Pelaksanaan

Kegiatan dilaksanakan mulai tanggal 23 s/d 25 Februari  2018 bertempat di  Hotel Augusta Kab. VCNNNN

2.   Jenis Kegiatan
Kegiatan  pengembangan  diri  yang  dilakukan  adalah  menjadi  peserta  pada  Work Shop
3.   Tujuan Pengembangan Diri

Tujuan dari pengembangan diri ini adalah:

a.   Mendapatkan informasi dan pemahaman tentang Peningkatan Keprofesionalan Guru dalam kinerjanya
b.  Mendapatkan informasi tentang Implementasi Pembelajaran Abad 21

4.   Uraian Materi

Materi  utama  yang  diberikan  dalam  pelatihan  ini  adalah kebijakan peningkatan mutu pembelajaran. Kebijakan dan dinamika perkembangan kurikulum, pengembangan kurikulum dalam pembelajaran. Konsep pembelajaran abad 21
5.   Tindak Lanjut

Tindak  lanjut  yang  dilakukan  setelah  kegiatan  pengembangan  diri  ini  adalah  melaksanakan kegiatan di Forum  Kecamatan dan menjalankan di sekolah.
6.   Dampak Pengembangan Diri

Adapun dampak yang penulis rasakan dari pengembangan diri yang dilakukan adalah:

a.   Meningkatnya rasa percaya diri dan kemampuan pengelolaan,kelas
b.   Sebagai seorang guru dapat menguasai diri dalam berkomunikasi serta mampu berkoordinasi dengan warga sekolah



Pengembangn Diri 9
Pelatihan Kurikulum Bagi Guru Kelas III dan VI
1.   Waktu Pelaksanaan

Kegiatan dilaksanakan mulai tanggal 21 s/d 23 Juni  2018 bertempat di  SDN 2 Sukamanah Kab. VCNNNN

2.   Jenis Kegiatan
Kegiatan  pengembangan  diri  yang  dilakukan  adalah  menjadi  peserta  pada  Work Shop
3.   Tujuan Pengembangan Diri

Tujuan dari pengembangan diri ini adalah:

a.   Mendapatkan informasi dan pemahaman tentang Peningkatan Keprofesionalan Guru dalam kinerjanya
b.  Mendapatkan informasi tentang Implementasi Kurikulum 2013

4.   Uraian Materi

Materi  utama  yang  diberikan  dalam  pelatihan  ini  adalah Analisis SKL, KI, KD dan Silabus
Pedoman Tematik/Mapel Pembelajaran. Analisis materi dalam buku teks pelajaran, Membuat Rencana pembelajaran (Prota, Promes dan RPP)
5.   Tindak Lanjut

Tindak  lanjut  yang  dilakukan  setelah  kegiatan  pengembangan  diri  ini  adalah  melaksanakan kegiatan di Forum  Kecamatan dan menjalankan di sekolah.
6.   Dampak Pengembangan Diri

Adapun dampak yang penulis rasakan dari pengembangan diri yang dilakukan adalah:

a.   Meningkatnya rasa percaya diri dan kemampuan pengelolaan,kelas
b.   Sebagai seorang guru dapat menguasai diri dalam berkomunikasi serta mampu berkoordinasi dengan warga sekolah









PENUTUP

Pengembangan diri merupakan salah satu kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang harus dilaksanakan guru setiap tahun. Pengembangan diri yang terdiri dari kegiatan Diklat fungsional dan kegiatan kolektif guru harus dideskripsikan dalam bentuk laporan pengembangan diri agar kegiatan tersebut dapat dinilai angka kreditnya. Demikian pula halnya dengan kegiatan pengembangan diri yang saya lakukan selama periode masa penilaian sampai akhir bulan desember 2018 dilaporkan secara deskriptif sesuai dengan pedoman yang dirumuskan pada Buku 4 tentang Pedoman PKB.
Laporan ini disusun sebagai salah satu syarat  bukti fisik yang saya lakukan agar Tim Penilai Angka Kredit Provinsi dapat memperhitungkan jumlah angka kredit yang dicapai. Deskripsi laporan ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari bukti fisik pengembangan diri yang lain, yakni surat tugas kegiatan dan sertifikat/surat keterangan pelaksanaan kegiatan.
Semoga laporan ini dapat menjadi bahan pertimbangan bagi anggota Tim Penilai Angka Kredit dalam pelaksanaan sidang penilaian angka kredit, khususnya pada aspek pengembangan keprofesian berkelanjutan yang telah saya laksanakan.















Ruslan
Ruslan Seseorang yang suka menulis dikala senggang, hobi makan bakso dan suka ngajak jalan-jalan istri