1.4.a.8. Koneksi Antar Materi - Modul 1.4 Budaya Positif
Pengajar Praktik : Iwan Sumantri
Fasilitator : Rahmatillah_Syam
Tujuan Pembelajaran
- CGP memahami keterkaitan konsep budaya positif dengan materi pada modul 1.1, 1.2 dan 1.3.
- CGP dapat menyusun langkah dan strategi yang lebih efektif, konkret, dan realistis untuk mewujudkan budaya positif di sekolah.
Berikut panduan pertanyaan untuk membantu kaitan dengan koneksi antar materi pada Modul 1.4
- Buatlah sebuah kesimpulan mengenai peran Anda dalam menciptakan budaya positif di sekolah dengan menerapkan konsep-konsep inti seperti disiplin positif, motivasi perilaku manusia (hukuman dan penghargaan), posisi kontrol restitusi, keyakinan sekolah/kelas, segitiga restitusi dan keterkaitannya dengan materi sebelumnya yaitu Filosofi Pendidikan Nasional Ki Hadjar Dewantara, Nilai dan Peran Guru Penggerak, serta Visi Guru Penggerak.
Pada Modul 1.4 ini saya mempelajari bagaimana cara untuk membangun budaya positif di sekolah sesuai dengan filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara yaitu pendidikan yang berpihak pada murid, yang menjadi salahsatu dari nilai guru penggerak.
Kemudian untuk membantu mencapai visi guru penggerak bagaimana peran seorang pemimpin pada sebuah institusi dalam menggerakkan dan memotivasi warga sekolah agar memiliki, meyakini, dan menerapkan visi atau nilai-nilai kebajikan yang disepakati, sehingga tercipta budaya positif yang berpihak pada murid.
Dalam membangun budaya positif tersebut, bagaimana strategi menumbuhkan lingkungan yang positif serta melakukan refleksi atas penerapan disiplin yang dilakukan selama ini yang biasa saya lakukan di sekoilah
Ternyata strategi dalam praktik tersebut selama ini yang saya lakukan belum sungguh-sungguh menjalankan disiplin, yang sesuai dengan Filosopi KHD bahkan dapat dikatakan melakukan sebuah hukuman di mana kita menarik garis pembatas pada murid.
Setelah mempelajari Modul 1.4 ini kita memikirkan kembali kebutuhan-kebutuhan dasar yang sedang dibutuhkan seorang murid pada saat mereka berperilaku tidak pantas, serta strategi apa yang perlu diterapkan yang berpihak pada murid.
Kemudian kita mengeksplorasi suatu posisi dalam penerapan disiplin, yang dinamakan ‘Manajer’ serta bagaimana seorang ‘Manajer’ menjalankan pendekatan disiplin yang dinamakan Restitusi.
Setelah melakukan pendekatan Restitusi fokus untuk mengembangkan motivasi intrinsik pada murid yang dapat menumbuhkan murid yang bertanggung jawab, mandiri, dan merdeka.
Buatlah sebuah refleksi dari pemahaman Anda atas keseluruhan materi Modul Budaya Positif ini dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
- Sejauh mana pemahaman Anda tentang konsep-konsep inti yang telah Anda pelajari di modul ini, yaitu: disiplin positif, teori kontrol, teori motivasi, hukuman dan penghargaan, posisi kontrol guru, kebutuhan dasar manusia, keyakinan kelas, dan segitiga restitusi. Adakah hal-hal yang menarik untuk Anda dan di luar dugaan?