2.1.a.3 Mulai dari diri – Modul 2.1 Pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan belajar murid
Tujuan Pembelajaran Khusus:
CGP dapat berbagi pengalaman pribadi tentang bagaimana tindakan gurunya di masa lalu membantu dirinya untuk belajar dengan lebih baik sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.
1. Bagaimana seorang guru dapat mengelola kelas dan memenuhi kebutuhan belajar murid-muridnya yang berbeda-beda?
Pada awal Modul 2.1 ini, kita akan melakukan refleksi individu dengan pernyataan berikut ini
- Bayangkanlah kelas yang saat ini Anda ampu dengan segala keragaman murid-murid Anda.
- Apa yang telah Anda lakukan untuk melayani kemampuan murid yang berbeda? Apa yang Anda lakukan untuk membuat proses pembelajaran menjadi lebih mudah untuk murid Anda? Apakah ada perlakuan yang berbeda yang Anda lakukan? Jika ada, perlakuan seperti apa? Jika tidak ada, apa dampaknya terhadap murid Anda?
- Sebutkan tantangan-tantangan yang Anda hadapi dalam proses pembelajaran di kelas yang disebabkan oleh keragaman murid-murid Anda tersebut? Tindakan-tindakan apa yang telah Anda lakukan untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut?
- Menurut Anda, untuk mengakomodasi tantangan yang terkait dengan keragaman murid tersebut, bagaimana seharusnya pembelajaran itu dirancang, dilaksanakan, dan dievaluasi?
Kelas yang saya ampu dengan segala keragaman murid-murid di kelas
Dalam kegiatan belajar di kelas
tentunya kita sebagai pengajar akan menemukan berbagai keunikan yang ada dalam
diri siswa ada siswa yang cepat dalam
belajar, ada yang lambat, ada yang kreatif dan ada pula yang tergolong biasa
saja. Namun demikian tujuan dari kegiatan belajar mengajar dikelas tetap pada
tujuan yaitu membantu memperoleh perubahan pada diri siswa baik tingkah laku
maupun daya fikir kearah yang lebih baik sesuai dengan kodrat yang dimilikinya.
Apa yang telah Anda lakukan untuk melayani kemampuan murid
yang berbeda?
Sesuai dengan tulisan saya di atas
tentang kelas yang saya ampu di kelas bahwasanya setiap murid mempunyai
keunikan sendiri dalam belajar dengan keaneka ragaman yang mereka miliki dalam
belajar.
Kelas yang saya ampu saat ini adalah
kelas 5 dengan jumlah sebanyak 14 siswa dimana siswa laki-laki berjumlah 4
orang dan siswa perempuan berjumlah 10 orang. Dari 14 jumlah siswa tersebut dalam
mengikuti kegiatan belajar ada yang tergolong cepat, sedang dan lambat.
Dalam menangani kemampuan murid yang
berbeda, tentunya kitapun harus mencari cara yang berbeda pula salah satunya dengan
mencari tahu penyebab kesulitan anak tersebut. Untuk mencari tahu penyebab dari
kesulitan anak tersebut biasanya kita menganalisis dari hasil belajar yang
mereka kerjakan.
Apa yang Anda lakukan untuk membuat proses pembelajaran menjadi lebih mudah untuk murid Anda?
Ketika kegiatan pembelajaran dimulai
kita menjelaskan dulu tujuan
pembelajaran yang akan dilaksanakan, dengan begitu mereka akan mengetahui apa
yang akan diperoleh setelah melaksanakan proses belajar.
Dalam proses kegiatan pembelajaran
agar menjadi lebih mudah untuk murid saya adalah kita menjelaskan materi dan
mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari dimulai dari yang sederhana yang
biasa mereka ditemui. Kemudian memberikan semangat dan dengan metode
pembelajaran yang menyenangkan agar tidak membosankan.
Apakah ada perlakuan yang berbeda yang Anda lakukan? Jika ada, perlakuan seperti apa? Jika tidak ada, apa dampaknya terhadap murid Anda?
Dalam menangani kemampuan murid yang
berbeda, tentunya kitapun harus mencari cara yang berbeda pula salah satunya dengan
mencari tahu penyebab kesulitan anak tersebut. Setelah mengetahui penyebab dari
kesulitannya, kemudian kita mencari cara untuk menjelaskan dan menuntunnya agar
membantu dari kesulitan yang mereka hadapi.
Sebutkan tantangan-tantangan yang Anda hadapi dalam proses pembelajaran di kelas yang disebabkan oleh keragaman murid-murid Anda tersebut?
Tantangan yang saya hadapi dalam
proses pembelajaran di kelas yang disebabkan oleh keragaman murid adalah
Menemukan
model pembelajaran yang sesuai dengan mereka
Menangani siswa
yang aktif/pasif
Menangani siswa
yang sulit konsentrasi
Tindakan-tindakan apa yang telah Anda lakukan untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut?
ü Mencari dan mencoba model pembelajaran yang sesuai
dengan mereka
ü Dalam menangani siswa yang aktif/pasif mencoba dengan menuntunnya
dan
ü Menangani siswa yang sulit konsentrasi : Memberi pendekatan
dan semangat/memotivasi
Menurut Anda, untuk mengakomodasi tantangan yang terkait dengan keragaman murid tersebut, bagaimana seharusnya pembelajaran itu dirancang, dilaksanakan, dan dievaluasi?
Untuk mengakomodasi tantangan
terkait dengan keragaman murid, kita merancang kegiatan pembelajaran dengan
menggunakan model pembelajaran setelah itu kita evaluasi dan refleksi. Untuk
menentukan tingkat keberhasilan dan kekurangan dari proses pembelajaran yang
dilakukan