Contoh Tugas Mandiri Terstruktur dan Tugas Mandiri Tidak Terstruktur
PROGRAM
PENUGASAN TERSTRUKTUR DAN KEGIATAN MANDIRI TIDAK TERSTRUKTUR
TAHUN
PELAJARAN 2019/2020
Mata
Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN ALAM
Kelas/
Semester : VI /1
STANDAR
KOMPETENSI |
KOMPETENSI
DASAR |
PENUGASAN
TERSTRUKTUR |
KEGIATAN
MANDIRI TIDAK TERSTRUKTUR |
KETERANGAN |
. Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya |
1.1 Mendeskripsikan
ciri khusus yang dimiliki hewan dan lingkungan hidupnya. 1.2 Mendeskripsikan
hubungan antara ciri khusus yang dimiliki tumbuhan dengan lingkungan hidupnya. |
Membuat tabel macam – macam hewan dan tumbuhan beserta ciri khususnya |
Contoh tugas diisi dengan tulis tangan ketika guru tidak bisa mengajar dikelas karena ada keperluan atau tugas keluar.(Bersifat mendadak dan tidak terjadwal ) |
Tugas dikumpulkan
pada pertemuan berikutnya
|
2. Memahami perkembangbiakan makhluk hidup |
2.1 Mendeskripsikan
Perkembangan dan Pertumbuhan
manusia dari bayi sampai lanjut
usia. 2.2 Mendeskripsikan
Perkembangan fisik anak laki laki
dan perempuan. 2.3 Mengidentifikasi
cara perkembang biakan tumbuhan dan hewan |
Membuat skema perkembangbiakan tumbuhan dan hewan |
|
|
Apa itu tugas mandiri terstruktur
(TMT) dan tugas mandiri tidak terstruktur (TMTT) ? Mungkin rekan atau
kita sering mendengarnya namun apa perbedaan diantara
keduanya. Kedua tugas mandiri
ini, sesuai dengan namanaya mandiri berarti tugas yang diberikan atau yang harus diselesaikan seorang siswa setelah ia
memperoleh atau menyelesaikan suatu kegiatan belajar dalam sebuah mata
pelajaran atau bidang studi. Apalagi dengan berlakunya KTSP di mana implementasi KTSP (kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan) salah satunya
sangat akrab dengan tugas mandiri
ini.
Suatu tugas dikatakan mandiri terstruktur manakala tugas itu diselesaikan
seorang siswa dengan batas yang telah ditentukan oleh guru. Misalnya tugas itu dikumpulkan
pada pertemuan minggu berikutnya atau beberapa hari lagi
tergantung guru.
Dan tugas mandiri tidak
terstruktur manakala tugas itu diselesaikan
dan dikumpulkan pada batas maksimum yang telah ditentukan oleh guru dan siswa boleh mengumpulkannya kapan saja yang penting antara renatng batas maksimum
yang telah ditentukan.
Misalnya tugas dikumpulkan paling lambat satu minggu sebelum
midle semester atau satu minggu sebelum
semester atau dua minggu sebelum ujian nasional, dll.
Namun sebaiknya tugas mandiri ini
dibarengi dengan pegangan murid seperti konsep materi pembelajaran
dari guru, diktat , modul, bahan ajar lainnya, seperti perpustakaan sebagai referensi mereka dalam melaksanakan tugas tersebut. Bisa juga koran atau Internet. Kalau memang tugas itu
berat boleh dikerjakan secara berkelompok
Baiklah bagi anda yang memerlukan
filenya dalam bentuk word bisa anda download di SINI