Contoh Rencana Program Pembiasaan Budi Pekerti di Sekolah
Rencana Program Pembiasaan Budi Pekerti di sekolah
Penanaman dan
sosialisasi budi pekerti adalah tugas utama dan pertama seorang guru selain
orang tua. Tanpa pengenalan dan pembiasaan setiap anak akan acuh dan tidak
memiliki karakter yang diharapkan. Oleh karena itu SDN ............. mempunyai beberapa program pembiasaan yaitu:
1. Senyum, salam,
sapa, dan bersalaman
2. Berbaris sebelum
masuk kelas
3. Berdoa sebelum dan
sesudah belajar
4. Sholat sunah dhuha berjamaah
setiap hari jum’at
5. Literasi 15 menit
sebelum pelajaran di mulai
6. Infak setiap jumat
7. Santun dalam
berbicara dan berperilaku
B.
Pelaksanaan
Kegiatan program
pembiasaan dilaksanakan berdasarkan rapat dewan guru dengan penyempurnaan Kurikulum sesuai situasi dan
kondisi. Peran guru dan siswa sangat menentukan keberhasilan program. Adapun
penjelasannya adalah sebagai berikut:
1.
Senyum, salam, sapa, dan bersalaman
Pelaksanaannya setiap
hari kecuali hari libur. Setiap guru pada akhir semester diberikan suara untuk
menentukan siswa dan kelas yang melaksanakannya secara serius.
2.
Berbaris sebelum masuk kelas
Kedisiplinan
menentukan kualitas pembelajaran dan sikap disiplin siswa dan guru.
Pelaksanaannya setiap hari kecuali hari libur.
3.
Berdoa sebelum dan sesudah pulang
Berdoa sebelum dan
sesudah melakukan kegiatan merupakan ciri orang beriman. Cara berdoa yang salah
sering kita temukan pada anak-anak bahkan orang dewasa. Pelaksanaannya setiap
hari kecuali hari libur.
4.
Sholat sunnah dhuha berjamaah
Pembiasaan sholat
harus diajarkan orang dewasa. Tanpa pembiasaan sholat, siswa tidak akan belajar
cara sholat apalagi melaksanakannya. Pelaksanaannya dikoordinasikan dengan guru
agama oleh koordinator kesiswaan.
5.
Literasi sebelum 15 menit pembelajaran
Banyak
manfaat yang dapat diperoleh dari membaca. Jika kita hubungkan dengan
pendidikan budi pekerti, manfaat yang memiliki keterkaitan dengan budi pekerti
adalah dapat meningkatkan hubungan sosial, dapat meningkatkan empati seseorang,
dan membantu kita berhubungan dengan dunia luar.
6. Infak setiap jumat
Keprihatinan
masyarakat Indonesia saat ini adalah kecemburuan sosial yang begitu lebar
antara si kaya dan si kurang mampu. Kepedulian berbagi dan membantu orang yang
kurang mampu terkikis. Padahal persatuan berawal dari kepedulian pada sesama.
Pelaksanaaninfak setiap hari jumat.
8.
Kelas Berkarakter
C.
Penutup
Demikian rencana program pembiasaan
budi pekerti dibuat. Sebagai tindak lanjut pelaksanaan akan disusun guru piket
dan kelas pelaksana apel pagi serta perlengkapan yang dibutuhkan. Semua
pengeluaran pelaksanaan program ini ditopang dana bos. Akhirnya sumbang saran
kami harapkkan untuk penyempurnaan program.
OMPETENSI PEMBIASAAN AKHLAK
MULIA |
INDIKATOR |
DESKRIPSI |
KEGIATAN / TEMPAT |
PENILAIAN |
1. Berbakti
kepada orangtua |
–
menemukan pengertian adab kepada orangtua –
menunjukan cara berterimakasih kepada orangtua –
membiasakan berprilaku hormat kepada orangtua |
Guru bercerita tentang
pengertian orangtua Guru memberi contoh perbuatan
baik terhadap orangtua |
Membuat jadwal kegiatan
sehari-hari dirumah |
Portofolio Daftar kegiatan |
2. Berbusana
muslim pada setiap aktivitas pembelajaran, masuk kelas diawali dengan salam,
berdo’a diawal dan diakhir pelajaran |
– mampu
berbusana muslim pada setiap aktivitas pembelajaran – mampu
mengucapkan salam bila masuk kelas – mampu
membaca do’a diawal pelajaran – mampu
menunjukan mushofahah kepada guru |
– Guru memberi
contoh cara berbusana muslim yang baik dan bebnar menurut syariat ajaran
agama islam. – Guru memotivasi
untuk percaya diri dalam berbusana muslim – Guru membimbing
dalam membaca do’a – Guru memberi
contoh cara mushofahah yang benar |
Berdo’a sebelum dan sesudah
melakukan kegiatan pembelajaran |
Pengamatan Performance |
3. Memelihara
kebersihan diri dan lingkungan |
–
menjelaskan ciri-ciri sikap dan prilaku hidup bersih –
memberikan contoh prilaku orang yang hidup bersih –
menyadari pentingnya lingkungan yang bersih –
kemampuan hidup bersih |
– Guru menanamkan
pembiasaan untuk bersuci dulu sebelum berangkat sekolah – Guru mengatur
keindahan/ kenyamanan kelas/taman kelas – Guru menjadi
model dalam aktivitasnya sehari-hari |
Rutin tiap pagi sebelum
berangkat sekolah berwudlu dulu Rutin memelihara tanaman bunga
di taman kelas Senam kesegaran Jasmani Kegiatan terprogram melalui
daftar piket kelas |
Performance Pengamatan Penugasan |
4. Setiap
mata pelajaran diawali dengan membaca ayat/hadist terkait |
–
melafalkan ayat-ayat al-Qur’an secara tartil –
menjelaskan kandungan surat yang dimaksud –
mengamalkan isi kandungan pokok surat |
Guru kelas bisa kerjasama
dengan guru agama Islam untuk minta petunjuk tentang keterkaitan mata
pelajaran umum dengan al-Qur’an/Hadist |
Rutin Terprogram |
Penugasan Pengamatan |
5. Disetiap
jam istirahat diisi dengan shalat Dhuha |
– mampu
melaksanakan Shalat Dhuha – membiasakan
Shalat Dhuha –
memahami pentingnya Shalat Dhuha |
– Guru memberi
contoh cara-cara Shalat dan mampu melaksanakan Shalat Dhuha – Guru membimbing
dalam pelaksanaan Shalat Dhuha – Guru memotivasi
dalam pelaksanaan Shalat Dhuha |
Rutin dilaksanakan Terprogram Dikelompokan Tempat Mushola Sekolah Ruangan kelas Lapangan sekolah |
Performance Penugasan Kinerja …………… |
6.
Melaksanakan Shalat Dzuhur berjamaah |
– mampu
melaksanakan Shalat berjamaah –
menjelaskan pentingnya Shalat berjamaah –
membiasakan Shalat berjamaah |
– Guru memotivasi
pentingnya Shalat berjamaah – Guru membimbing
Shalat berjamaah – Guru memberikan
keteladanan dalam pelaksanaan Shalat berjamaah |
Rutin Terprogram Dipimpin oleh Guru Agama Islam
atau oleh guru yang beragama Islam Tempat Mushola Sekolah Masjid lingkungan sekolah Ruangan kelas |
Pengamatan Penugasan Daftar cek |
7.
Melaksanakan ta’lim sekolah oleh unsur KUA dan kyai ulama setempat minimal 1
kali dalam sebulan |
– mampu
menerima informasi pendidikan agama Islam dari unsur Depag/MUI –
memahami pentingnya Da’wah Islamiyah |
Guru kerja sama dengan KUA dan
MUI melaksanakan kegiatan ceramah keagamaan tiap 1 bulan satu kali |
Terprogram Tempat Mushola Sekolah Ruangan kelas Halaman sekolah Masjid jami yang dekat sekolah |
Performance Laporan |
8. Membentuk
unit pengumpulan Zakat/ UPZ di setiap satuan pendidikan dan melakukan
pendidikan infaq sejak dini |
–
memahami aturan zakat – mampu
membuat unit pengumpul zakat (UPZ) –
memahami benda-benda yang wajib dizakati –
memahami ayat-ayat alQuran yang ada relevansi dengan zakat –
membiasakan mengeluarkan infaq minimal 1 minggu 1 kali |
– Guru kelas V dan
VI berkolaborasi dengan guru pendidikan agama Islam untuk membuat UPZ – Guru melatih
siswa cara-cara mengeluarkan zakat – Guru melatih
siswa untuk memberikan zakat – Guru membiasakan
siswa untuk membawa uang untuk diinfaqkan tiap 1 minggu 1 kali |
Terprogram Tiap bulan Ramadhan membentuk
UPZ, tiap hari jumat harus mengeluarkan infaq Tempat Mushola Sekolah Ruangan kelas Masjid |
Kinerja Laporan Pengawasan |
9. Qiyamul
Lail sekurang-kurangnya satu kali dalam sebulan sesuai kondisi |
– mampu
melaksanakan Qiyamul lail berdasarkan dorongan hati nurani sendiri –
membiasakan Shalat Qiyamul lail minimal satu minggu 1 kali –
menjelaskan pentingnya Shalat Qiyamul lail |
– Guru yang
beragama Islam guru PAI menceritakan keutamaan Qiyamul lail – Guru PAI
mendemontrasikan cara pelaksanaan Qiyamul lail |
Terprogram Dilaksanakan sebulan sekali
tiap kamis malam Kepala sekolah dan dewan guru
yang beragama Islam ikut melaksanakan Tempat Mushola Sekolah kl ada Masjid dekat sekolah kl ada Ruangan kelas Halaman Sekolah |
Pengamatan Penugasan Laporan |
10. Pembiasaan Shaum Sunat,
hafalan al-quran dan rutinitas Islam lainnya |
–
memahami pengertian shaum sunat – mampu
melaksanakan shaum sunat –
membiasakan shaum sunat hari senin dan kamis – membiasakan
menghafal alQuran di waktu istirahat –
membiasakan berwudhu sebelum melaksanakan aktivitas |
– Guru PAI
menjelaskan pengertian shaum sunat – Guru memberikan
pemahaman manfaat shaum sunat – Guru memberi
contoh melaksanakan shaum senin dan kamis – Guru melakukan tes
hafalan qur’an |
Terprogram Mendengarkan cerita, Tanya
jawab dan Diskusi Tempat Di Ruang Kelas Di tempat lain yang
menyenangkan ditentukan oleh murid dan guru |
Pengamatan Laporan |
Mengetahui, Kepala Sekolah ………………., S.Pd NIP. …………………… |
|
Guru PABP ……………………, S.Pd.I NIP. …………………… |