Contoh RPP Aktif, Kreatif, dan Inovatif dengan Mengoptimalkan Lingkungan dan Memanfaatkan TIK
RPP disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih. Guru merancang penggalan RPP untuk setiap pertemuan yang disesuaikan dengan penjadwalan di satuan pendidikan.
Berikut ini adalah contoh RPP yang dibuat oleh rekan saya yang kebetulan telah melaksanakan PPG dengan meminta izin dari beliau untuk memuat RPPnya untuk diposting di blog ini, sebagai bahan referensi bagi bapak/ibu yang membutuhkan.
Berikut Contohnya: sebelumdownload alangkah baiknya dibaca terlebih dahulu, link download saya taruh dibawah postingan.
Contoh RPP ini dapat dijadikan sebagai contoh bukti fisik pelaksanaan akreditasi pada instrumen no 19. RPP Aktif, Kreatif, dan Inovatif dengan Mengoptimalkan Lingkungan dan Memanfaatkan TIK
(RPP)
Sekolah : SD Negeri ..............
Kelas /Semester : 2 / 2 (dua )
Tema 8 : Keselamatan di Rumah dan di Perjalanan
Subtema 2 : Menjaga Keselamatan di Rumah
Pembelajaran ke- :
3
Fokus Pembelajaran : Bahasa Indonesia dan Matematika
Materi : Penggunaan tanda titik dan kalimat
tanya
Mengenal tanda waktu dari jam ke menit
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit (6 JP)
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
1.
Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga.
3.
Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
3.2 Mengenal
teks cerita narasi
sederhana kegiatan
dan bermain di
lingkungan dengan bantuan
guru atau teman
dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis
yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah
untuk membantu pemahaman. |
3.2.1 Menelaah isi teks cerita narasi sederhana tentang menjaga
keselamatan dalam latihan tari 3.2.2 Menguraikan pengguanaan tanda titik pada
teks cerita tersebut 3.2.3 Menuliskan kalimat yang memuat aturan
penggunaan tanda titik pada teks cerita. 3.2.4 Membuat kalimat tanya apa,
siapa, mengapa, bagaimana, dimana, dan
kapan. secara mandiri siswa dapat menceritakan kata-kata yang dibacanya. |
4.2 Memperagakan
teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian. |
4.2.1
Menceritakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan di lingkungan
keluarga berdasarkan gambar dikaitkan dengan penggunaan kata tanya yang dibaca secara mandiri. |
Matematika
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
3.5
Mengenal satuan waktu dan menggunakannya pada kehidupan seharihari di
lingkungan sekitar. |
3.5.1 Menguraikan satuan waktu dari
jam ke menit 3.5.2 Menuliskan kegiatan sehari-hari dengan satuan waktu. |
4.5
Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan,
pengurangan, perkalian,pembagian, waktu,panjang, berat benda dan uang,
selanjutnya memeriksa kebenaran jawabnya.. |
4.5.1 Memecahkan masalah yang berkaitan dengan waktu. |
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Melalui pemberian rangsangan
melalui teks narasi, siswa dapat Menelaah isi teks cerita narasi sederhana tentang
menjaga keselamatan dalam Latihan tari dengan cermat.
2. Melalui membaca teks cerita, siswa dapat
menguraikan pengguanaan
tanda titik pada teks cerita tersebut dengan benar.
3. Melalui kegiatan diskusi, siswa dapat menuliskan kalimat yang
memuat aturan penggunaan tanda titik pada teks cerita dengan tepat .
4. Melalui kegiatan diskusi, siswa dapat membuat kalimat
tanya apa, siapa, mengapa, bagaimana,
dimana, dan kapan dengan tepat.
5. Melalui kegiatan mandiri, menceritakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan di lingkungan keluarga berdasarkan gambar
dikaitkan dengan penggunaan kata tanya yang dibaca secara mandiri siswa dapat menceritakan kata-kata yang dibacanya
dengan benar.
6. Melalui kegiatan penugasan, siswa mampu menguraikan
satuan waktu dari jam ke menit dengan tepat
7. Melalui kegiatan penugasan, siswa mampu memecahkan masalah yang berkaitan dengan waktu dengan benar.
Karakter siswa yang diharapkan : Religius, Nasionalis, Mandiri, Gotong-royong, Integritas.
D.
METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan
Pembelajaran : Saintifik.
Metode Pembelajaran : Diskusi, tanya
jawab, penugasan, dan ceramah.
Model Pembelajaran :
Problem Based Learning
E. MEDIA/ALAT,
BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat :
1. Teks
bacaan Menjaga keselamatan dalam latihan Tari
2.
Power
point/ PPT.
3. Laptop, HP android
4. Internet (Modem, HP / teatering)
5.Aplikasi google meet, whatsapp, dan google form https://docs.google.com/forms/d/e/1FlkjhgAIpQLSeXD3o_hryQbUxNzQcnoMQBTw6WVK_DrYg2Zv87bBm5YhB9A/viewform
Sumber Belajar : 1. Buku Guru dan Buku Siswa
Kelas 2, Tema 8: Keselamatan di Rumah dan di
Perjalanan . Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan.
F.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi |
Alokasi
Waktu |
Pendahuluan |
1.
Kegiatan
pembelajaran dilakukan secara daring melalui g-meet. Guru menyiapkan jadwal
pembelajaran yang akan dilakukan. Guru menshare link melalui WA grup untuk
kegiatan pembelajaran.(Teknologi) 2.
Kelas dibuka dengan salam,
menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.PPK 3.
Siwa
berdo’a dengan
dipimpin oleh salah seorang siswa/ketua kelas. Religius 4.
Siswa difasilitasi untuk bertanya
jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru
dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur. Religius,
PPK 5.
Siswa diajak menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru memberikan
penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat kebangsaan. Nasionalis 6.
Siswa
melakukan pembiasaan membaca 15 menit. Literasi 7.
Siswa diminta memeriksa kerapian
diri dan kebersihan kelas
memotivasi dengan menganyikan “lagu keselamatan di dapur”Pedagogik 8. Guru melakukan apersepsi dengan menanyakan materi
sebelumnya tentang dan materi yang akan dibahas tentang: ü
Masih ingatkah kalian aturan menjaga keselematan dirumah? ü
Tahukah kalian cara membaca jam dan cara penulisannya? 9. Guru melakukan apersepsi
dengan materi yang akan dibahas tentang: ü
Siapa yang tahu tentang penggunaan tanda titik dan
kalimat tanya? ü
Berapa jam kalian tidur malam hari? ü Coba bisakah kalian menghitung
berapa menit kalian tidur malam tadi? 9.
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini yaitu mampu Menelaah isi teks cerita narasi
sederhana tentang menjaga keselamatan dalam latihan tari, menguraikan
pengguanaan tanda titik pada teks cerita tersebut, menuliskan
kalimat yang memuat aturan penggunaan tanda titik pada teks cerita, membuat kalimat tanya apa, siapa, mengapa, bagaimana dari gambar, menceritakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan
di lingkungan
keluarga berdasarkan teks yang dibaca secara mandiri, menguraikan satuan waktu dari jam
ke menit. 10. Guru menjelaskan rangkaian kegiatan yang akan
dilaksanakan hari ini yaitu membuat jadwal g-meet, mengamati masalah yang disajikan lewat powerpoint, diskusi, |
15 menit |
Kegiatan inti |
1.
Guru mempresentasi kan pembelajaran menggunakan
power point di g-meet. (Teknologi) 2. Guru membuka dengan memberi
rangsangan nyanyian Menjaga keselamatan dirumah (Menyimak) 3. Siswa diminta untuk mengamati
cerita beserta gambar yang ditampilkan di powerpoint tentang menjaga
keselamatan dalam latihan Tari. Literasi (Mengamati) 4. Melakukan tanya
jawab tentang menjaga keselematan dalam latihan tari ü Bagaimana kalian menentukan penggunaan tanda titik? ü Bagaimana kalian mampu membuat kalimat tanya sesuai cerita tersebut? ü Dari teks bacaan
diatas, Bagaimana cara menjaga keselamatan dirumah. Apalagi di masa pandemi
ini? ü Bagaimana kalian menghitung berapa
menit latihan tari itu dilakukan? (Bertanya)
(Critical Thinking and Problem Solving (Mengamati). 5.
Siswa mengidentifikasi dengan mengaitkan cerita
dengan kehidupan sehari-hari (Brainstorming) Identifikasi Permasahan ü
Coba , manakah kalimat yang menggunakan
tanda titik? ü
Setelah kalian membaca teks tersebut. Apa
saja kata tanya yang digunakan? ü
Apakah kita perlu menjaga keselamatan
dirumah apalagi pada masa pandemi ini? ü
Coba bagaimana cara menghitung lama waktu
kegitan dengan mengubah dari jam ke menit? 6.
Guru membimbing peserta didik melakukan
pengumpulan data dengan 7.
Memberikan informasi terkait dengan materi
penggunaan tanda titik, kalimat tanya dan mengubah dari jam ke menit melalui
aplikasi google classroom dengan link https://classroom.google.com/c/MzYwODklozNTM2ODE0?cjc=gdzxdgj
.(Pengumpulan data). 8.
Guru melakukan icebreaking dengan tepuk pintar . pintar pintar, berprestasi 9.
Guru membentuk kelompok
kecil anatara 3-4 orang perkelompok dengan metode berhitung. Collaboration
(mengasosiasi), 10. Guru mengirimkan link LKPD ke WhatsApp Group,
siswa berdiskusi untuk mencari solusi pemecahan masalah
tentang menguraikan
pengguanaan tanda titik pada teks cerita tersebut dengan benar, siswa dapat menuliskan kalimat yang memuat aturan
penggunaan tanda titik pada teks cerita dengan tepat , siswa dapat membuat kalimat tanya apa, siapa, mengapa, bagaimana, dimana, dan kapan dengan tepat.Collaboration
(mengasosiasi), 11. Siswa
melakukan presentasi
hasil pemecahan masalah, kelompok yang lain memberikan apresiasi. Evaluasi. 12.
Guru
membimbing presentasi dan mendorong kelompok memberikan penghargaan serta
masukan kepada kelompok lain. Pedagogik, Menanya 13.
Siswa
merangkum/ membuat kesimpulan sesuai dengan masukan yang diperoleh dari
kelompok lain. 14. Guru merangkum bersama siswa melalui powerpoint tentang penggunaan tanda titik, kalimat tanya, dan
menghitung lama waktu kegitan Communication . 15. Guru
memberikan penguatan materi pembelajaran yang telah dipelajari 16. Guru melakukan
icebreaking disela-sela kegiatan dengan menonton video nyanyian. 17. Melalui kegiatan penugasan pada LKPD, Menguraikan
satuan waktu dari jam ke menit. (Mandiri) 18. Guru mengingatkan kembali melalui powerpoint yang didalamnya membahas penggunaan
tanda titik dan kalimat tanya Mengenal waktu dari jam ke menit Communication 19. Siswa mencari informasi tentang tanda titik dan kalimat tanya di google,
atau youtube Literasi , Teknology 20. Melalui kegiatan
mengamati gambar, Siswa mampu membuat kalimat tanya juga membuat cerita dari gambar tersebut Mandiri. 21.
Melalui kegiatan mengamati gambar, Siswa mampu membuat cerita dari
gambar tersebut. Mandiri. 22. Setiap siswa mampu
membacakan cerita melalui g-meet dengan percaya diri. Teknology ,Communication |
180 menit |
Penutup |
§
Siswa
mengemukan hasil belajar hari ini dan manfaatnya §
Guru
memberikan penguatan dan kesimpulan bersama siswa §
Siswa
diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa
lainnya. §
Siswa
mengerjakan soal evaluasi di google form yang disipkan oleh guru. Link google
form
https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQkoiLSeXD3o_hryQbUxNzQ-cnoMQBTw6WVK_DrYg2Zv8kjgh7bBm5YhB9A/viewform dishare siswa mengerjakan melalui link tersebut §
Melakukan
remedial dan pengayaan § Remedial: mengulas kembali materi yang belum dikuasai
siswa § Pengayaan: membuat kartu soal tentang materi hari ini § Guru memberikan penugasan untuk dikerjakan dirumah
Untuk mengoptimalkan kegiatan tersebut, orang tua membiasakan anak menghitung
lama kegiatan dengan mengguankan satuan jam. Kemudian, membimbing anak
mengubah satuan jam ke dalam menit sehingga anak dapat dengana mudah
menentukan satuan waktu secara tepat. § Menyampaikan materi yang akan
dipelajari esok yaitu menggunakan kalimat tanya dengan lafal dan intonasi
yang tepat. §
Menyanyikan
lagu daerah halo-halo
bandung untuk menumbuhkan
nasionalisme, persatuan, dan toleransi. § Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa |
15 menit |
BAHAN AJAR
MATERI BAHASA
INDONESIA KELAS 2
PENGGUNAAN TANDA
TITIK DAN KATA TANYA
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
3.2 Mengenal
teks cerita narasi
sederhana kegiatan
dan bermain di
lingkungan dengan bantuan
guru atau teman
dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis
yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah
untuk membantu pemahaman. |
3.2.1 Menelaah
isi teks cerita narasi sederhana tentang menjaga keselamatan dalam latihan
tari 3.2.2 Menguraikan pengguanaan tanda titik pada
teks cerita tersebut 3.2.3 Menuliskan
kalimat yang memuat aturan penggunaan tanda titik pada teks cerita. 3.2.4
Membuat kalimat tanya apa, siapa, mengapa,
bagaimana, dimana, dan kapan. secara mandiri
siswa dapat menceritakan kata-kata yang dibacanya. |
4.2 Memperagakan
teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian. |
4.2.1 Menceritakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan di lingkungan keluarga berdasarkan gambar
dikaitkan dengan penggunaan kata tanya yang dibaca secara mandiri. |
Matematika
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
3.5
Mengenal satuan waktu dan menggunakannya pada kehidupan seharihari di
lingkungan sekitar. |
3.5.1
Menguraikan satuan waktu dari jam ke
menit 3.5.2 Menuliskan kegiatan sehari-hari dengan satuan waktu. |
4.5
Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan,
pengurangan, perkalian,pembagian, waktu,panjang, berat benda dan uang,
selanjutnya memeriksa kebenaran jawabnya.. |
4.5.1 Memecahkan masalah yang berkaitan dengan waktu. |
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Melalui pemberian rangsangan
melalui teks narasi, siswa dapat Menelaah
isi teks cerita narasi sederhana tentang menjaga keselamatan dalam Latihan tari
dengan cermat.
2. Melalui membaca teks cerita, siswa dapat
menguraikan pengguanaan tanda titik pada teks cerita tersebut
dengan benar.
3. Melalui
kegiatan diskusi, siswa dapat menuliskan kalimat yang memuat aturan
penggunaan tanda titik pada teks cerita dengan tepat .
4. Melalui
kegiatan diskusi, siswa dapat membuat kalimat tanya apa, siapa, mengapa, bagaimana, dimana, dan kapan dengan tepat.
5. Melalui
kegiatan mandiri, menceritakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan di lingkungan keluarga berdasarkan gambar
dikaitkan dengan penggunaan kata tanya yang dibaca secara mandiri siswa
dapat menceritakan kata-kata yang dibacanya dengan benar.
6. Melalui
kegiatan penugasan, siswa mampu menguraikan satuan waktu dari jam ke menit
dengan tepat
7. Melalui
kegiatan penugasan, siswa mampu memecahkan masalah yang berkaitan dengan waktu
dengan benar.
BAHASA INDONESIA
Penggunaan
Tanda Titik dan Kalimat Tanya
Tanda Titik
Titik merupakan tanda baca berupa noktah yang digambarkan dengan
simbol (.). Aturan penggunaan tanda titik
ü Tanda
titik dipakai sebagai akhir dari kalimat pernyataan
Contohnya: Saya makan nasi pecel.
Kami sampai di
Bekasi.
ü Tanda
titik dipakai untuk memberi tanda dan memisahkan angka yang menandakan jam,
menit, dan detik. Tanda titik juga dipakai sebagai penanda waktu atau jangka
waktu.
Contohnya: Pukul 13.30 (pukul 13 lewat 30
menit atau setengan dua siang)
01.05.30 (1 jam, lima
menit, 30 detik).
Kata tanya dan kegunaan kata tanya