Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Eksplorasi Konsep - Modul 1.2 - Nilai dan Peran Guru Penggerak

NILAI KEMANUSIAAN - Nilai dan Peran Guru Penggerak
Eksplorasi Konsep - Modul 1.2 - Nilai dan Peran Guru Penggerak

Tujuan Pembelajaran Khusus:

  1. CGP mengetahui hubungan antara emosi, cara kerja otak, kebutuhan dasar manusia, daya untuk memilih, motivasi intrinsik, dan struktur sistemik lingkungan dalam pembentukan nilai-nilai dalam diri seseorang
  2. CGP menjelaskan makna Profil Pelajar Pancasila dalam transformasi pendidikan.
  3. CGP menjelaskan makna nilai-nilai yang perlu dikembangkan guru penggerak.
  4. CGP menjelaskan makna peran guru penggerak dalam transformasi pendidikan.
  5. CGP mengetahui bahwa keteladanan dan sistem pembiasaan yang konsisten di suatu lingkungan mempengaruhi penumbuhan nilai-nilai dalam diri seseorang.
  6. CGP mengelaborasi makna pemimpin pembelajaran di sekolahnya masing-masing.

"Perubahan yang kita lakukan di pendidikan harus menuju pada suatu titik yang memanusiakan manusia dan memperkuat nilai kemanusiaan kita."

(Iwan Syahril Dirjen GTK Kemdikbudristek, Refleksi atas Asas Konvergensi Ki Hadjar Dewantara) 

NILAI KEMANUSIAAN: KEBAJIKAN UNIVERSAL

pendidikan harus mampu menumbuhkan manusia yang kuat nilai kemanusiaannya, yang memegang teguh nilai-nilai kebajikan. Dalam konteks yang beranekaragam, kita memerlukan pegangan yang mempersatukan. 

Nilai-nilai kebajikan yang sifatnya universal lah kemudian yang dapat dijadikan “landasan bersama” (common-ground), bagi beragam kepentingan, suku-bangsa, ras, agama, dan antar-golongan. 

Semangat untuk mengapresiasi dan berpihak pada nilai-nilai yang diperlukan dan menguntungkan anak adalah landasan dalam membawakan peran perubahan di pendidikan. 

Dengan demikian diharapkan, Bapak/Ibu dapat menilik kembali nilai-nilai yang sudah ada dalam diri pribadi lalu menguatkan yang selaras dengan nilai-nilai dan konsep yang dipromosikan dalam Program Guru Penggerak ini. 

Bapak/Ibu juga diharapkan untuk menjawab dengan seksama dan mendalam pertanyaan-pertanyaan refleksi yang telah disediakan agar pemahaman Bapak/Ibu akan konsep yang dipaparkan pun menjadi semakin kuat, semakin paham pula bagaimana manusia tergerak dan bergerak, sehingga semakin menghayati bagaimana menggerakkan manusia.

A. BAGAIMANA MANUSIA TERGERAK

Pertanyaan pemandu: Apa saja hal yang bekerja secara alami pada diri seorang manusia dan mempengaruhi bagaimana manusia dalam berperilaku?

Ada banyak hal yang bekerja secara alami pada diri seorang manusia dan mempengaruhi perilakunya. Beberapa hal ini antara lain:

  1. Genetika: Faktor genetika memainkan peran penting dalam membentuk kepribadian dan perilaku seseorang. Misalnya, beberapa orang mungkin lebih rentan terhadap stres atau depresi karena faktor genetika.
  2. Hormon: Hormon dalam tubuh dapat mempengaruhi mood dan perilaku seseorang. Misalnya, tingkat rendah serotonin dapat menyebabkan depresi, sedangkan tingkat tinggi dopamin dapat membuat seseorang merasa senang atau bersemangat.
  3. Pengalaman masa lalu: Pengalaman masa lalu seseorang juga dapat mempengaruhi perilaku mereka di masa depan. Misalnya, seseorang yang pernah mengalami kekerasan dalam rumah tangga mungkin memiliki kecenderungan untuk menjadi lebih tertutup atau waspada dalam hubungan selanjutnya.
  4. Lingkungan: Lingkungan sosial dan fisik tempat seseorang tinggal juga dapat mempengaruhi perilaku mereka. Misalnya, orang yang tinggal di daerah yang tidak aman mungkin menjadi lebih paranoid atau cemas.
  5. Kesehatan mental: Kesehatan mental seseorang juga dapat mempengaruhi perilakunya. Misalnya, seseorang yang mengalami gangguan kecemasan mungkin lebih cenderung untuk menghindari situasi yang menimbulkan kecemasan.
  6. Kebutuhan dasar: Kebutuhan dasar seperti makanan, minuman, dan tidur dapat mempengaruhi perilaku seseorang. Misalnya, seseorang yang kelaparan mungkin lebih mudah tersinggung atau lebih cenderung untuk melakukan tindakan impulsif.
  7. Kemampuan kognitif: Kemampuan kognitif seseorang juga dapat mempengaruhi perilakunya. Misalnya, seseorang yang memiliki kemampuan berpikir kritis yang tinggi mungkin lebih cenderung untuk mengevaluasi informasi secara kritis sebelum membuat keputusan. 

Berikut ini merupakan beberapa jawaban yang saya kutp dari beberapa rean CGP

Jawaban 1

Otak merupakan yang bekerja memberikan perintah kepada manusia untuk melakukan sesuatu serta mengambil keputusan. Cara kerja otak terbagi dua ada cepat dan lambat. Selanjutnya adalah emosi juga sangat mempengaruhi manusia dalam berprilaku. selain itu juga motivasi, kebutuhan, dan daya untuk memilih kesemuanya itu akan mempengaruhi bagaimana seseorang berprilaku.

Jawaban 2

hal yang bekerja secara alami pada diri seorang manusia adalah hati dan pikiran, serta pemahaman diri terhadap sesuatu yang kita hadapai. hal ini membuat kita tergerak, bergerak dan menggerakkan segala sesuatu menuju ke arah yang lebih baik dan bermanfaat.

Jawaban 3

Otak merupakan hal yang berkerja secara alami pada diri seorang manusia, otak dapat mempengaruhi sistem berfikir manusia. cara berfikir manusia itu ada cara berfikir cepat dan cara berfikir lambat. kedua sistem ini dapat mempengaruhi perilaku manusia dalam mengambilbil keputusan.

Jawaban 4

Tergerak berarti ada yang menggerakkan manusia tersusun dari ribuan bahkan jutaan sel dalam tubuh semuanya saling bersinambungan dan saling bekerjasama untuk bisa menggerakkan anggota tubuhnya. Ketika kita tergerak setelah ada perintah maka otak kita yang pertama mencerna perintah tersebut, kemudian perintah tersebut disalurkan ke anggota badan kita melalui gerakkan. Sehingga otak, perasaan, hati, gerakkan akan menjadi satu dan tergerak jika ada sesuatu hal perintah atau keinginan yang akan dicapai.

Jawaban 5

Hal yang bekerja secara alami pada diri manusia dan mempengaruhi bagaimana manusia dalam berprilaku diantaranya adalah otak. Di dalam otak terdapat bagian-bagian yang mempengaruhi manusia dalam berprilaku. Tak hanya itu, faktor bawaan seperti jenis kelamin, ras, sifat bawaan akan membentuk prilau yang berbeda pula.

Jawaban 6

Hal yang bekerja secara alami pada diri manusia adalah hati dan pikiran. Selain hal tersebut ada beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhi manusia dalam berprilaku diantaranya faktor kebiasaan, faktor lingkungan, faktor pendidikan, faktor tujuan hidup, faktor pengalaman hidup serta faktor keyakinan yang dijadikan sebagai tolak ukur kebenaran dan kesalahan.

Jawaban 7

Manusia adalah mahluk ciptaan Allah Swt yang paling beruntung dibanding mahluk cipataan Allah lainya, karena manusia diberi akal atau otak. Otak mempunyai bagian-bagian dan sistem saraf yang berperan penting terhadap kemampuan belajar individu dan berfungsinya mental seorang individu, tempatnya emosi, intelegensi, dan afeksi (kasih sayang) individu. 

Dan segala aktifitas mental yang dilakukan oleh individu, seperti merekam, mengingat, berpikir, dan aktifitas-aktifitas mental yang lainnya. sistem kerja otak kita sangat berpengaruh erat terhadap perilaku-perilaku kita dalam sehari-hari. Sistem kerja otak kitalah yang mengatur semua perilaku-perilaku kita selama ini.

Jawaban 8

hal yang bekerja secara alami dalam diri manusia salah satunya adalah otak dimana sistem kerja otak sangat berpengaruh erat terhadap sistem berpikir dan berperilaku pada diri manusia, baik itu sistem berpikir cepat maupun sistem berpikir lambat. selain otak, emosi juga merupakan hal yang bekerja secara alami dimana emosi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi tingkah laku manusia diantaranya sebagai alat mempertahankan hidup, sebagai alat pembuat keputusan, sebagai batas atau benteng , juga sebagai alat komunikasi

Jawaban 9

Bagaimana manusia tergerak Secara alami manusia bergerak dengan hati dan fikiran dan dipengaruhi dengan emosi karna manusia memiliki kebutuhan juga keinginan yang hendak diwujudkan, Tapi otak memiliki peran utama karna dapat mempengaruhi proses berfikir dan berprilaku manusia dalam mengambil keputusan.

Jawaban 10

Sejak lahir manusia sudah dikaruniai nilai-nilai ketuhanan dan diajarkan bagaimana mereka menghamba pada tuhannya bagaimana pula bisa bermanfaat bagi mahluknya. Hal inilah yang mungkin membuat kita tergerak untuk berbuat baik dan yang terbaik untuk mahluk lainnya sebagai aplikasi dari proses penghambaan terhadap tuhannnya.

Jawaban 11

Manusia akan tergerak bila mana hatinya yang tergerak untuk melakukan sesuatu, ketika hati manusia akan tergerak maka otak fikiran panca indera dan motorik lainnyapun akan turut bergerak untuk melakukan sesuatu

Jawaban 12

Batang otak mengelola semua otomasi dan reflek di tubuh demi kelangsungan hidup kita, sehingga mampu mengkonservasi energi yang digunakan otak. Bagian otak ini selalu menganggap semua adalah ancaman hingga terbukti aman. Bagian otak ini menyerupai otak Reptil. Sistem limbik (amigdala) yang menyerupai otak Mamalia ini, bertanggung jawab soal emosi. 

Letaknya begitu dalam di otak kita sehingga seringkali mampu mengambil alih kendali diri seseorang. Terlukanya perasaan jauh lebih sakit dan lama sembuhnya ketimbang luka fisik biasa. 

Otak Reptil dan Mamalia tersebut memiliki kecenderungan alamiah yang sama yaitu: sebanyak mungkin mengkonservasi energi melalui otomasi, auto pilot. 

Otak berpikir, yang terdiri dari otak Primata (bagian gerak kompleks, rekayasa penggunaan alat) dan berada dalam satu kesatuan dengan otak manusia, otak luhur, atau neocortex yang tugasnya berpikir strategis, kreatif, metakognitif.

Jawaban 13

Bagaimana manusia tergerak Secara alami manusia bergerak dengan hati dan fikiran dan dipengaruhi dengan emosi karna manusia memiliki kebutuhan juga keinginan yang hendak diwujudkan, Tapi otak memiliki peran utama karna dapat mempengaruhi proses berfikir dan berprilaku manusia dalam mengambil keputusan.

Jawaban 14

Bagaimana manusia tergerak? Otak merupakan pusat koordinasi yang kemudian dapat diterjemaahkan melalui saraf motorik ke efektor. Bagaimana manusia dpaat tergerak? Hal ini dikaitkan dengan emosi, bagian otak sistem limbik merupakan otak yang berperan mengendalikan emosi. 

Disaat stimulus emosi muncul misal tekut, khawatir,marah, senang, sedih, dll. Spontanitas otak akan mempengaruhi efektor untuk melakukan tindakan. Contoh saat emosi sedih muncul maka akan mempengaruhi prilaku seseorang bertindak, bisa saja menangis atau menjauhkan diri dari khalayak ramai.

Ruslan
Ruslan Seseorang yang suka menulis dikala senggang, hobi makan bakso dan suka ngajak jalan-jalan istri